Beranda BERITA TERBARU Keindahan Bangunan Kuno Kuil & Pagoda Di Bagan Myanmar Yang Menakjubkan

Keindahan Bangunan Kuno Kuil & Pagoda Di Bagan Myanmar Yang Menakjubkan

876
0
BERBAGI

Maklumatnews.net – Nama kota Bagan (sebelumnya dinamakan Pagan) adalah suatu kota kuno (kota tua) yang terletak di region Mandalay di Myanmar / Burma. Sejak abad 9 hingga abad 13 kota ini adalah ibukota Kerajaan Pagan, kerajaan pertama yang menyatukan daerah-daerah yang nantinya akan menjadi Myanmar Moderen. Selama abad tersebut terdapat lebih dari 10.000 kuil dan pagoda Budha serta biara yang dibangun, yang mana sisa-sisa kurang lebih 2.200 kuil dan pagoda tersebut masih bertahan hingga hari ini.

Bagi kamu yang gemar menbagan1gunjungi tempat wisata bernuansa candi, selain ke Borobudur Prambanan di pulau Jawa Tengah dan Kamboja Angkor Wat, kamu bisa mengunjungi negara Myanmar di kota Bagan (tepatnya di bagian kota tua Bagan). Namun di Bagan lebih kepada bentuk kuil, pagoda dan stupa, tidak ada candi yang sangat besar seperti Borobudur atau Angkor Wat. Bila kamu menaiki bagian atas salah satu pagoda di Bagan, kamu akan dapat melihat ribuan pagoda yang bertebar disepanjang tanah luas di kota ini.

Disini kamu bisa menaiki Balon Udara untuk dapat mbagan3elihat kota Bagan dari atas, namun sayangnya harga untuk dapat naik Balon Udara per orangnya cukup mahal dibanding di negara-negara lain seperti Turki, harga untuk dapat naik Balon Udara di Bagan adalah $500 per kepala, bila dibanding di Turki hanya $200 per kepala. Tapi tentu bila kamu menyanggupinya kamu akan dapat melihat keindahan alam Bagan yang begitu eksotik, mulai dari jejeran kuil dan pagoda dari ujung ke ujung, lapisan kabut dan sinar pagi hari yang membuat  pemandangan benar-benar sangat indah.

Dari setiap kuil/pagoda terdapa stupa dimana didalamnya hampir semua memiliki patung Budha. Dan dibeberapa kuil besar ada yang memiliki patung Budha sedang tidur (yang dikenal sebagai sleeping budha). Bentuk patung Budha tersebut tidaklah dalam ukuran kecil, hampir rata-rata berukuran sangat besar sehingga kita harus mendobagan2ngakkan kepala keatas untuk melihat seluruh bentuk patung Budha-nya tersebut. Yang tak kalah penting adalah dalam hal fotografi, kamu dapat mengambil gambar dengan settingan-settingan tertentu, misal diberi lilin-lilin, sehingga disaat kamu men-jepret kamera hasilnya benar-benar dramatisi sekali.

Di Bagan kita bisa menyewa kendaraan transportasi mulai dari mobil atau sepeda elektrik. Banyak dijumpai bule-bule disana mengendarai sepeda elektrik, bila kamu tidak bersama rombongan ada baiknya menyewa sepeda elektrik, karena kamu bisa leluasa untuk berpergian ke arah mana dan tujuan, tanpa harus berbondong-bondong membawa rombongan yang merepotkan. Tapi lain ceritanya bila kamu  berprofesi sebagai fotografer, tentunya peralatan yang dibawa cukup banyak, sehingga tidak memungkinkan untuk mengendarai sepeda sambil membawa berbagai peralatan fotografi, harus menggunakan sewa kendaran mobil.

Yang tak kalah menarik di Bagan adalah kulinernya, makanannya sangat cocok sekali dengan lidah indonesia! 🙂 (Dilansir dari Masterweb/*)

LEAVE A REPLY