Beranda BERITA TERBARU Kelurahan Tiakar Gelar Pembinaan UP2K

Kelurahan Tiakar Gelar Pembinaan UP2K

387
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Dalam rangka peningkatan pendapatan keluarga,  Kelurahan Tiakar mengadakan  pembinaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) melalui kegiatan pelayanan kesehatan keliling bagi industri UMKM di ruang pertemuan Kelurahan Tiakar, Kamis(12/03/2020).

Adapun tujuan dalam pembinaan UP2K ini adalah Meningkatkan pemahaman Kader UP2K tentang pengelolaan dan pengembangan usaha ekonomi keluarga sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan kualitas produk yang dihasilkan pada UP2K dengan tujuan akhir peningkatan ekonomi dalam keluarga.

Hadir dalam pembinaan tersebut Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Dr.Henny Yusnita, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi, Lurah Tiakar Aulia Fajrin, Ketua TP-PKK Kecamatan Payakumbuh Timur dr.Silvia Rosja, Ketua TP-PKK Kelurahan Tiakar dr. Filda Yanita, BPOM Pusat Maya kurniawati STP.M.Si,  Perwakilan dari Dinas Kesehatan Loli,  Kasi pangan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Nepi Yeni dan dari POKJA II Husna.

Lurah Tiakar Aulia Fajrin mengatakan pembinaan UP2K yang digelar
tidak hanya dalam persiapan lomba UP2K tingkat Provinsi Sumatera Barat, namun juga bertujuan untuk melakukan penyuluhan kepada Kader UP2K.

“Bukan hanya dalam persiapan lomba tingkat Provinsi,  Kita sekarang dalam rangka pembinaan ke industri UKM yang kita unggulkan di Kelurahan Tiakar dan hari ini kita bagi tim untuk pendataan dan penyuluhan ke beberapa UKM,” ujar Fajrin

Fajrin berharap mudah-mudahan kegiatan ini berlanjut secara rutin dan kita juga siap menganggarkan di dana ADK untuk kegiatan pembinaan di kelurahan kita ini pungkasnya.

Dalam sambutannya Ketua TP-PKK Kota Payakumbuh Henny Yusnita mengatakan UP2K merupakan salah satu kegiatan yang strategis, khususnya dalam mendukung pemberdayaan ekonomi keluarga, untuk mewujudkan dan mendorong ekonomi yang berpihak kepada rakyat melalui ekonomi kerakyatan, pemerataan kesejahteraan dan kesempatan berusaha.

Selain itu, Henny menjelaskan untuk menunjang kelancaran dan keberlangsungan usaha, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh seluruh anggota kelompok UP2K. Diantaranya produk yang dihasilkan harus dapat diminati oleh masyarakat, mudah dipasarkan, usaha yang berkelanjutan dan cepat menghasilkan, bahan baku yang mudah diperoleh di lingkungan sekitar, serta kualitas dan kemasannya harus bagus dan menarik.

Henny berharap melalui optimalisasi dan pembinaan terhadap kelompok UP2K Kelurahan ini, dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta pemahaman dan motivasi bagi ibu-ibu, untuk terus meningkatkan kegiatan berusaha, baik secara perorangan maupun kelompok.

Senada dengan Henny, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi mengatakan pembinaam langsung ke lapangan ini bertujuan untuk memberikan tips bagaimana pengolahan produk yang baik,higienis, dan bagaimana strategi pemasaran sehingga UP2K ini menjadi sebuah usaha yang betul-betul menjadi sebuah usaha yang membantu perekenomian di rumah tangga.

“Kita berharap setiap rumah tangga memiliki usaha produksi untuk menambah penghasilan . Jadi rumah tangga yang bagus itu adalah rumah tangga yang menghasilkan,” ujar Irwan. (Rel/FS)

LEAVE A REPLY