Beranda BERITA TERBARU Bimtek SAKIP Digelar Bekerjasama dengan Pemko Bandung

Bimtek SAKIP Digelar Bekerjasama dengan Pemko Bandung

352
0
BERBAGI

PADANG-maklumatnews,net–Aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian data, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah sebagai pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja pemerintah.

Untuk penerapan aplikasi SAKIP secara maksimal, Pemko Padang menggunakan aplikasi SAKIP yang telah dibangun dan dikembangkan oleh Pemko Bandung untuk direplikasi dan dimanfaatkan oleh Pemko Padang. Penerapan aplikasi ini nantinya dapat membantu unit kerja di lingkungan Pemko Padang dalam menyusun laporan kinerja serta informasi kinerja Satuan Kinerja Perangkat Daerah (SKPD) kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Padang, Asnel saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan Aplikasi SAKIP di lingkungan Pemko Padang di Hotel Grand Inna Muara Padang, Kamis (15/12).

Bimtek tersebut menghadirkan Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Bandung, Medi Mahendra dan Rahadyan sebagai pemateri, dan diikuti oleh satu orang pejabat struktural dan fungsional dari setiap SKPD Pemko Padang.

“Diharapkan, jalinan kerjasama dengan Pemko Bandung ini, menjadikan Laporan Kinerja Instasi Pemrintah (LAKIP) Kota Padang dapat meningkat di tahun mendatang, seperti Kota Bandung yang telah meraih nilai LAKIP A,” ujar Asnel.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Kota Padang, Sandra Imelda menjelaskan, pelaksanaan Bimtek SAKIP Kota Padang merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi Kementrian PAN dan RB RI yang mengatakan bahwa Pemko Padang belum sepenuhnya menggunakan aplikasi SAKIP atau sistem informasi kinerja yang mampu menyajikan capaian kinerja di masing-masing indikator kinerja dengan baik.

“Inilah yang mendasari kita bekerjasama dengan Pemko Bandung, yang telah mengembangkan sistem informasi kinerja dengan sangat baik,” tambah Sandra, panitia pelaksana bimtek tersebut. (LL/H)

LEAVE A REPLY