Beranda BERITA TERBARU KPU dan Bawaslu Mentawai Berkolaborasi Sukseskan Pemilu 2019

KPU dan Bawaslu Mentawai Berkolaborasi Sukseskan Pemilu 2019

439
0
BERBAGI

Kep Mentawai-maklumatnews.net-Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan Koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten kepulauan Mentawai. Pertemuan sekaligus Koordnasi dua belah pihak merupakan bentuk mempererat kerjasama sebagai Penyelenggara Pemilu.

Salah satunya, menghindari kemungkinan hal yang terburuk selama Pemilu 17 April 2019 mendatang. Maka melalui pertemuan dalam Rapat Koordinasi Tahapan Pemilu ini dapat saling berbagi dan berkerja sama.

Ketua KPU Eki Butman mengatakan, ada beberapa sasaran dalam Koordinasi tersebut ialah KPU dan Bawaslu sebagai Mitra dalam menyelenggarakan Pemilu.

“Dalam undangan ini, kami menyampaikan tahapan dan Pesan terhadap Pemilu ini. “ ungkapnya kepada Wartawan. Kamis, (07/03) di Graha Viona. Jl. Raya Tuapejat Km-6, Sipora utara.

Sehingga dikatakan apabila KPU mengumpulkan Panitia Pemilu Kecamatan (PPK) dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti, maka pihaknya juga turut mengundang Bawaslu.

Ia menambahkan, Ranah Koordinasi sebagai unsur utama dalam menyelesaikan masalah-masalah Pemilu. Pasalnya, bagi pihak yang berkepentingan KPU dan Bawaslu adalah unsur utama dalam pelaksanaan Pemilu tersebut, sarannya.

“Kita adalah unsur utama dalam pelaksanaan Pemilu ini, sehingga kita tidaka dapat dipasahkan satu sama yang lainnya. Maka kita berharap Panwascam mampu bersinergi dengan PPK sehingga tidak ada ganguan dilapangan,” tambah Eki.

Ditambahkannya lagi, Eki berharap apabia sebuah pekerjaan dilakukan dengan kerja sama dan saling mengisi satu dengan yang lainnya. Maka semua dilapangan dengan Gografis Wilayah kepulauan Mentawai yang sangat menantang, semua akan bisa diselesaikan dengan mudah, jelasnya.

Kemudian perlunya musyawarah dalam menyikapi Persoalan baik di dalam maupun diluar. Pasalnya, apabila masalah didalam dibawa keluar maka akan berdampak negatif kepada Masyarakat luas.

“Mari kita bersama-sama menduduki setiap masalah baik diluar maupun didalam. Karena kita sama-sama diberi amanah dan tanggung Jawab untuk menyelenggarakan Pemilu ini meski berbeda Tupoksi. “ tutup Ketua KPU Kabupaten kepulauan Mentawai.

Sementara hal senada juga diungkapkan Ketua Bawaslu kabupaten kepulauan Mentawai Perius Sabggalet. Bahwa, pihaknya melalui Rapat Koordinasi Pengawasan Tahapan Pileg dan Pilpres tersebut. Diminta kepada Panwascam se Kabupaten kepulauan Mentawai agar lebih teliti dalam melakukan Pengawasan di wilayah masing-masing.

“Melalui Rakor ini semoga kita dapat lebih bekerja sama sesui dengan Amanah Perbawaslu nomor 7 Tahun 2018 tentang penanganana temuan dan pelanggaran. Serta Perbawaslu No. 8 Tahun 2018 tentang Penyelesaian pelanggaran Administrasi Pemilu, “ ungkapanya.

Ia menambahkan ini perlu dilakukan dan dilaksankan agar semuanya bisa sepahamdalam menegakkan aturan yang berkeadilan. Tetapi Bawaslu dan KPU selalu bersinergik untuk saling berkoodinasi dalam hal pencegahan kecuranan Pemilu.

“Agar terciptanya, Pemilu Demokrasi dan Berkeadilan dan agar terwujudnya Pemilu yang Damai, Sejuk dan Musaraina.” tutup Ketua Bawaslu kanupaten kepulauan Mentawai. (Ys)

LEAVE A REPLY