Beranda BERITA TERBARU KPU Padang Sebut Berkurangnya DPS Karena Pemilih Hilang Akal, Wahyu: Ah, KPU...

KPU Padang Sebut Berkurangnya DPS Karena Pemilih Hilang Akal, Wahyu: Ah, KPU Ngada-ada!

313
0
BERBAGI

PADANG – Ada yang menarik dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara DPRD Kota Padang dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang dan Panwaslu yang berlangsung, Senin (19/3/2018) pagi. Dalam penjelasannya kepada Komisi I DPRD Padang, Ketua KPU Padang M Sawati menyebut faktor adanya masyarakat yang hilang akal sehat (kurang waras) dan hak pilihnya masyarakat dicabut merupakan dua faktor dari 10 faktor penyebab berkurangnya jumlah pemilih sementara dibanding DP4 yang dikeluarkan Kemendagri.

Menanggapi penjelasan Ketua KPU Padang tersebut Wakil Ketua DPRD Padang menilai KPU terlalu mengada-ada, Menurut Wahyu kalau memang ada warga Padang yang kehilangan akal sehat dan tidak bisa menggunakan hak pilihnya tentu ada surat keterangan dari dokter. “Ngada-ada KPU namanya. Kalau ada kondisi masyarakat seperti itu tentunya jumlahnya tidak terlalu signifikan,” kata Wahyu.

Menariknya lagi, dalam RDP tersebut KPU tidak membawa data jumlah warga yang hilang akal sehatnya dan yang dicabut hak pilihnya. Ketika dicerca pertanyaan oleh anggota DPRD Padang berapa jumlah warga yang hilang akal sehatnya KPU tidak mampu meperlihatkan. “Datanya tinggal di kantor,” Ketua KPU Padang M Sawati melepas jawab.

Komisi I DPRD Padang menyayangkan kinerja KPU dalam pencatatan dan pencocokan data pemilih. Selisih kurang lebih 100 ribu pemilih dari DPS KPU Padang dengan DP4 Kemendagri adalah bukti KPU Padang kurang maksmial. Diketahui, terdapat perbedaan DPS KPU Padang yang berjumlah 583.659 dengan DP4 Kemendagri 634.197.(***)

LEAVE A REPLY