Beranda BERITA TERBARU KPU Sumbar Gelar Rakor Perihal Peraturan KPU No. No 7 Tahun 2019

KPU Sumbar Gelar Rakor Perihal Peraturan KPU No. No 7 Tahun 2019

349
0
BERBAGI

Padang-maklumatnews.net– Komisi Pemilihan Umum Sumatera Barat menggelar Rapat Kordinasi Di Hotel Pangeran Beach Rabu 27 Maret 2019 Pukul 14.00 Wib.

Dalam rakor ini disosialisasikan Peraturan KPU No. 7 tahun 2017 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2019.

Sebagaimana diubah dengan PKPU No. 5 tahun 2018 bahwa kampanye melalui iklan dan media cetak dan elektronik dimulai sejak tanggal 24 Maret s.d 13 April 2019.

Dengan tersosialisasinya sederet aturan dan batasan tersebut, diharapkan pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan dengan baik.

Rakor kali ini dihadiri oleh Kabag Teknis dan Humas KPU Sumbar Agus Catur Rianto. Dengan tiga orang narasumber, Gabril Daulay dari KPU Sumbar, vifner dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar dan Yumi Ariyati dari wakil Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar serta rekan-rekan Media cetak, Radio, Televisi dan Media daring (online).

Dengan tema ” Pemberitaan Penyiaran Iklan Kampanye di Media bagi peserta Pemilu 2019 di media” rakor berajalan alot dan lancar. Tak lupa juga ada pertanyaa-pertanyaan yang di ajukan kepada narasumber.

Gabril Daulay dari KPU Sumbar mengatakan, bagaimana tata cara bersosialisasi dan menayangkan iklan baik di media TV, media cetak radio dan media online. Media perlu mengetahui serta memahami pointer-pointer terkait batasan-batasan dalam hal sosialisasi dan penayangan iklan kontestan pemilu, agar tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan.

Disambung oleh vifner, menghimbau kepada rekan-rekan media dan peserta pemilu untuk dapat mentaati regulasi yang telah ditepakan KPU RI dalam hal sosialisasi dan penayangan iklan ke tengah masyarakat.

“Mudah-mudahan ini dapat dipahami, sehingga pelaksanaan Pemilu 2019 ini dapat berjalan dengan baik,” jelasnya.

Sementara narasumber dari KPID Sumbar Yumi Aryati, menekankan, pihaknya secara intens akan melakukan pengawasan terhada sosialisasi dan tayangan iklan peserta pemilu di media televisi dan radio, sekaligus memastikan tayangan tidak  melebihi durasi sesuai yang ditetapkan KPU.

“Mudah-mudahan pelaksanaan pemilu yang berintegritas di Sumatera Barat dapat tercapai, sesuai dengan harapan bersama,” tutupnya.(S)

LEAVE A REPLY