Beranda BERITA TERBARU KRI Nagapasa Tiba, Pengamat: Kapal Selam Akan Jadi Andalan TNI

KRI Nagapasa Tiba, Pengamat: Kapal Selam Akan Jadi Andalan TNI

261
0
BERBAGI

JAKARTA-maklumatnews.net- Kapal selam KRI Nagapasa 403 telah tiba di Indonesia, Senin (28/8/2017) siang. Kapal yang dibuat oleh kontraktor pertahanan Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) itu tiba di Dermaga Komando Armada Timur, Surabaya, Jawa Timur.

Menanggapi kedatangan Nagapasa, pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati mengungkapkan kapal selam tersebut akan memperkuat komposisi kekuatan TNI AL.

Kedatangan Nagapasa dikatakannya akan menjadikan TNI AL memiliki tiga kapal selam berstatus operasional. Dia menilai kapal selam sebagai alat utama sistem persenjataan (alutsista) unggulan TNI pada masa depan.

“Tepat kiranya pemerintah saat ini meningkatkan postur tempur TNI dengan menambah jumlah kapal selam,” ujar perempuan yang biasa disapa Nuning ini.

Menurut dia, kapal selam KRI Nagapasa 403 adalah alutsista TNI AL terbaru memperkuat persenjataan TNI. Pengadaannya masuk dalam program minimum essential force (MEF) yang telah disetujui oleh pemerintah dan DPR.

“Kapal selam baru untuk mengimbangi antara tuntutan tugas TNI AL untuk pengamanan perairan Indonesia dengan ketersediaan alutsista,” katanya.

Menurut dia, kedatangan alutsista harus dibarengi dengan fasilitas logistiknya sehingga baik alutsista maupun fasilitas.

sindonews
(dam)

LEAVE A REPLY