Beranda BERITA TERBARU Kunjungan Wakil Bupati Ke Sialang, Buya Ingatkan Aparatur Nagari Agar Waspada Administrasi

Kunjungan Wakil Bupati Ke Sialang, Buya Ingatkan Aparatur Nagari Agar Waspada Administrasi

484
0
BERBAGI

Limapuluh Kota -maklumatnews.net- Walinagari Sialang Sasmurdi Khatib berserta jajarannya kaget dan takjub dengan kehadiran Mobil BA 2 C yang diikuti oleh mobil Plat merah berseri C lainnya, serta beberapa mobil dari kepolisian dan TNI yang datang ke Kantornya di Kecamatan Kapur IX.

Ternyata pada Kamis (31/1) rombongan Wakil Bupati bersama Kapolres Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis serta unsur Forkopimda Limapuluh Kota datang bersilaturahmi di awal tahun 2019 ini, disamping bersilaturahmi, pemkab Limapuluh Kota ingin memberikan arahan secara langsung baik dibidang pemerintahan, pembangunan, dan keamanan untuk kemajuan Nagari Sialang.

Kedatangan orang nomor dua di Kabupaten Limapuluh Kota bersama rombongan sudah siap disambut oleh walinagari dan jajarannya, mengingat perhatian pemerintah daerah sangat diperlukan oleh nagari yang letaknya jauh dari pusat pemerintahan, koordinasi dan bimbingan sangat penting bagi pemerintah nagari.

“Apalagi sekarang kita sedang menghadapi situasi ditahun politik, perlu rasanya kami dari pemerintahan nagari diberi pencerahan, dan juga melalui pertemuan ini kami dari Nagari merasakan perhatian Pemerintah daerah, kami ucapkan terimakasih kepada Wabup dan rombongan,” ujar Walinagari Sialang Sasmurdi Khatib dalam sambutannya.

Wakil Bupati Ferizal Ridwan mengatakan tatap muka yang dilaksanakan ini bisa dikatakan resmi dan tidak resmi karena awalnya melalui instruksi lewat telepon seluler kepada walinagari dan camat.

“Kalau bisa dibilang bertemakan wakil bupati dan forkopimda mencari durian, karena dariĀ  laporan intellijen durian bakal habis dalam tujuh hari ini, maka dengan cepat kami bergerak menuju nagari di Kecamatan di Kapur IX,” canda Buya Feri sewaktu membuka sambutannya.

Selaku wakil kepala daerah, Ferizal Ridwan menjelaskan selain mengadakan pertemuan yang bakal menjadi pengikat silaturahim dan menjadi bagian dari amal ibadah ini, dirinya merasa berkewajiban untuk memberi dorongan, dukungan, petunjuk, sekaligus bagaimana masyarakat di Limapuluh Kota mampu untuk mengelola informasi dengan tepat dan tidak mudah untuk menjadi korban dari modus-modus para pelaku kejahatan, apalagi penipuan.

“Ditemukan adanya investasi bodong yang memakai rekening 164 warga Kapur IX di 3 Nagari, yaitunya Sialang, Koto Bangun, dan Muaro Paiti, dimana sampai sekarang kerugian materi masih belum tampak, namun yang paling jelasnya mungkin akan menimbulkan permasalahan lain, seperti pemblokiran 164 rekening BI checking warga,” ujar Wabup.

Ujung-ujungnya malah nanti terjadi pencairan uang dari 164 rekening masyarakat kepada seseorang yang merupakan pelaku penipuan berkedok investasi. “Kita sudah ditugaskan bupati untuk melaksanakan pemantauan, pemerintah akan memberikan pendampingan pelayanan kepada 164 warga tersebut,” tambah Ferizal Ridwan.

Lebih lanjut Wabup juga mengingatkan pemerintah nagari, seyogyanya tentang administrasi perlu tertib. “Kami tidak membenarkan dan tidak dibenarkan adanya keterangan walinagari yang dikeluarkan oleh KAUR Keuangan dan Sekretaris Nagari, surat-surat keterangan yang berberhubungan dengan pemerintahan jangan di tandatangani begitu saja, harus mengetahui Walinagari terlebih dahulu atau ada surat mandat,” ujar Buya Feri.

Selanjutnya, tambah Wabup ada modus penipuan, seperti dana abadi, dana penyimpanan, dana harta karun, dan dana lainnya yang tidak jelas. “Kalau ada hal itu timbul, dan juga tentang program bantuan dari pemerintah, nagari harus berkoordinasi dengan camat dan instansi terkait,” terang Ferizal menambahkan.

Disisi menghadapi pemilu, Wakil Bupati kembali mengingatkan perlu dilakukan pemrosesan informasi dan dan memantau kegiatan masyarakat apalagi kalau ada yang terindikasi melakukan kecurangan dalam fase kampanye hingga pelaksanaan Pemilu pada April nanti.

Sebelum bertolak ke Sarilamak, Rombongan Wabup dan Forkopimda makan Ketan Durian bersama di Nagari Muaro Paiti bersama jajaran pemerintahan nagari dan camat setempat. (FS)

LEAVE A REPLY