Beranda BERITA TERBARU Langgam Bahasa Di Payakumbuh

Langgam Bahasa Di Payakumbuh

217
0
BERBAGI

Oleh : Feni Efendi, pencatat memori kolektif

Salah satu keunikan Payakumbuh atau Luhak Lima Puluh adalah langgam bahasanya (dialek) yang beragam. Nyaris setiap nagari memiliki langgam masing-masing. Dulu pada tahun 2000-an ke bawah, setiap orang nyaris bisa dikenali asalnya dengan hanya mendengar langgam bahasanya. Misalnya kata “air”, maka di Tiakar orang menyebutnya dengan “aiyie”, sedangkan di Payobasung orang menyebutnya dengan kata “aiyo”, adapun dengan di Taram orang menyebutnya dengan ” aiyiu”. Padahal ketiga nagari ini saling berdekatan.

Umumnya orang Payakumbuh atau Luhak Lima Puluh lebih banyak menggunakan kata “O”, misalnya nagori, kopa, cako, ompek, godang, tobik, tobek, lopeh, dll. Namun setelah pasar mulai ramai dikunjungi oleh pegadang-pedagang luar dari Payakumbuh atau Luhak Lima Puluh maka langgam bahasa balai atau langgam bahasa pasar pun tercipta. Misalnya nagari, kapa, ampek, gadang, tabik, tabek, lapeh, dll.

Pada tahun 2000-an ketika saya sudah bersekolah di sekolah yang berlokasi dekat pasar, maka nyaris setiap orang memakai bahasa langgam pasar. Kami seakan-akan malu membawa langgam asal dari daerah masing-masing. Meski sudah berusaha memakai langgam pasar, tetapi langgam bahasa daerah asal tidak bisa hilang sepenuhnya. Sehingga terciptalah langgam yang aneh terdengar.

Sejak saya mempelajari budaya adat istiadat dan memori kolektif di masyarakat, maka sejak itu saya pun bangga memakai langgam bahasa daerah tempat saya dibesarkan. Dan hari ini, langgam bahasa daerah itu semakin susah dikenali dari anak-anak zaman sekarang. Sebab ketika baru saja lahir, ia sudah diajar bahasa indonesia. Meski langgam bahasa Indonesia nya itu seperti langgam indomi (Indonesia Minang). Dan dikuatirkan suatu saat nanti, kekayaan langgam bahasa daerah itu akan punah.

Catatan: Langgam bisa diartikan sebagai dialek atau irama bahasa dan kosa kata yang sudah menjadi kebiasaan masyarakat di suatu tempat.

LEAVE A REPLY