Beranda ACEH LSM CHK Nilai Kegiatan Bimtek Kepala Kampung di Luar Daerah Sebagai Modus...

LSM CHK Nilai Kegiatan Bimtek Kepala Kampung di Luar Daerah Sebagai Modus Pemborosan Dana Desa

299
0
BERBAGI

Aceh Singkil, maklumatnews.net – Program bimtek yang digelar setiap tahun oleh para Kepala Kampung dalam Kabupaten Aceh Singkil, yang diadakan diluar daerah, dinilai hanya sebagai trik pemborosan menghamburkan anggaran dana desa atau uang rakyat.

Direktur LSM CHK Aceh Singkil, Razaliardi, Sabtu, 31 Agustus 2019. mengatakan, kegiatan Bimtek tersebut yang dilakukan para Kepala Kampung telah menguras ADD yang tak ada hasilnya, apa manfaat bagi kepentingan masyarakat atau kah hanya bermanfaat bagi kepentingan sang Kepala Desa semata.

“Untuk diketahui anggaran yang digunakan untuk kegiatan tersebut bersumber dari uang rakyat, maka hukumnya wajib untuk di pertanggung jawabkan,” ujarnya.

“Untuk kegiatan bimtek dan study banding Para Kepala Kampung, Aparatur Desa Kabupaten Aceh Singkil, menguras anggaran dana desa mencapai 5 milyar lebih. Sungguh angka yang fantastis,” imbuhnya ketua.

Sejumlah Kepala desa dalam Kabupaten Aceh Singkil melakukan studi banding ke salah satu desa di Kepulauan Riau dan kedaerah Pulau Jawa, diduga hanya modus Plesiran menghamburkan anggaran desa semata. Karena tidak terlihat dampak positif dari kegiatan tersebut.

Berdasarkan Informasi tahun ini masing-masing Kampung dalam Kabupaten Aceh Singkil menerima dana desa rata-rata sebesar 1 milyar lebih. Semestinya besaran anggaran yang sangat signifikan itu digunakan secara cermat dan berdasarkan asas manfaat untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

Hal senada disampaikan Ketua Apdesi Aceh Singkil Buyung Sanang menyebutkan, ” Tujuan bimtek yang sesungguhnya hanyalah untuk menghabiskan dana desa dengan topeng bimtek dan sesuai fakta sebelum dan sesudah bimtek kualitasnya malah tambah menurun bahkan mereka menginginkan bimtek setiap tahun agar bisa happy dan plesiran di hotel mewah,” sebut Buyung (Rahmat)

LEAVE A REPLY