Beranda BERITA UTAMA Luhut: Izin Ekspor Freeport Dikeluarkan Sudirman Said, Bukan Arcandra

Luhut: Izin Ekspor Freeport Dikeluarkan Sudirman Said, Bukan Arcandra

323
0
BERBAGI

MAKLUMATNEWS.NET,(JAKARTA)- Pelaksana tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, izin ekspor konsentrat untuk PT Freeport Indonesia yang diperpanjang sampai 11 Januari 2017 bukan dikeluarkan oleh Arcandra Tahar, melainkan oleh Sudirman Said.

Luhut menjelaskan, hal tersebut diungkapkan olehnya lantaran baru menerima laporan bukti perpanjangan izin ekspor konsentrat. Izin perpanjangan ketika Sudirman Said menjabat sebagai Menteri ESDM, yang kemudian ditandatangani oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono.

“Itu sudah dikeluarkan Pak Dirman (Sudirman Said), bukan Pak Candra. Ditandatangani oleh Dirjennya, saya baru dapat laporan,” ujarnya saat ditemui di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Sekadar informasi, pemerintah telah memperpanjang izin ekspor konsentrat PT Freeport Indonesia hingga 11 Januari 2017. Padahal, izin ekspor konsentrat ini sudah habis pada 8 Agustus 2016.

Dirjen Minerba Bambang Gatot Ariyono mengakui, perpanjangan izin tersebut diberikan sebelum Arcandra Tahar diberhentikan sebagai Menteri ESDM oleh Presiden Jokowi.

Surat Persetujuan ekspor itu diberikan Kementerian ESDM ke Kementerian Perdagangan. Dalam rekomendasi itu, Freeport memperoleh kuota ekspor konsentrat tembaga sebanyak 1,4 juta ton, Freeport juga masih dikenakan bea keluar 5 persen dari nilai volumen konsentrat yang diekspor.

okezone/yuliadi chandra

LEAVE A REPLY