Beranda BERITA TERBARU Mantan Menteri Agraria Hasan Basri Durin Tutup Usia

Mantan Menteri Agraria Hasan Basri Durin Tutup Usia

394
0
BERBAGI
JAKARTA-(MAKLUMATnews.net)-  Mantan Menteri Agraria 1998-1999 yang juga mantan Gubernur Sumatera Barat Hasan Basri Durin tutup usia pada Sabtu dinihari (9/7/2016) karena sakit. Jenazah pemegang Mahaputera Adipradana ini disemayamkan di rumah duka Jalan Pancoran Indah 6 Blok B1 Nomor 5, Komplek Liga Mas Perdatam, Jakarta Selatan.Berita duka ini disampaikan Syahrul Udjud Staf Khusus Wapres RI kepada Sindonews, Sabtu (9/7/2016).

Menurut dia, jenazah Hasan Basri Durin  akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta seusai Salat Dzuhur.

Hasan Basri Durin lahir dan dibesarkan di kampungnya di Jaho, sebuah kenagaraian atau desa yang terletak di dekat Padang Panjang.

Setelah menamatkan SMA di Bukittinggi, dia pindah ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Sebelum terjun ke dunia politik, dia sempat bekerja sebagai Sekretaris Panitia Pemilihan Daerah (PPD) Jambi dan Sumatera Barat.

Pada bulan Oktober 1971, dia diangkat sebagai Penjabat Wali Kota Padang, kemudian menggantikan Akhiroel Yahya menjadi Wali Kota Padang selama dua periode dari tahun 1973 hingga tahun 1983.

Setelah itu, dia menggantikan Azwar Anas sebagai Gubernur Sumatera Barat dan menjabatnya dari tahun 1987 sampai 1997.

Setelah Presiden Soeharto lengser kemudian digantikan oleh B.J. Habibie, dia diangkat menjadi Menteri Negara Agraria dalam Kabinet Reformasi Pembangunan dan menjabatnya sampai ketika kementerian itu dihapus oleh Abdurrahman Wahid pada tahun 1999.

sumber sindonews

LEAVE A REPLY