Beranda BERITA TERBARU Membangun Kampung KB Diperlukan Program Lintas Sektoral dan Peran Pokja

Membangun Kampung KB Diperlukan Program Lintas Sektoral dan Peran Pokja

307
0
BERBAGI

GUNUNG PANGILUN-maklumatnews.net–Seiring bergeraknya pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan di Kampuang KB Berok, Kelurahan Gunung Pangilun, sinergi lintas sektoral juga terus dilakukan. Peran Kelompok Kerja (Pokja) tidak ayal menjadi penting di kawasan tersebut.

“Keberadaan Pokja sangat penting guna koordinasi segala program lintas sektoral yang diarahkan ke Kampung KB,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Padang Heryanto Rustam saat pertemuan dengan Pokja Kampung KB Berok di Kantor Lurah Gunung Pangilun, Rabu (21/2/2018).

Menurut Kadis, dibentuknya kampung KB bukan berarti selalu berkutat dengan urusan kependudukan, tetapi lebih pada peningkatan kesejahteraan di wilayah setungjat RW yang tadinya dianggap kumuh dan tertinggal. Untuk itu berbagai program lintas sektoral diarahkan ke kampung KB sehingga kemiskinan dan masalah sosial lainnya dapat dituntaskan.

“Semua program pembangunan diharapkan diarahkan ke kampung KB guna menuntaskan permasalahan yang ada,” kata Heryanto.

Mantan Kepala Dinas Pertanian ini menilai, perkembangan kampung KB Berok sangat pesat. Itu tidak lepas dari peran Pokja yang didorong oleh Lurah Gunung Pangilun Andi Amir. Setelah dianggap yang paling baik di Kota Padang diharapkan menjadi percontohan untuk kampung KB yang lain.

Acara pertemuan ini dihadiri Camat Padang Utara Editiawarman, Sekcam dan Lurah Babinkamtibmas, Ketua LPM dan sekitar 40-an anggota Pokja Kampung KB Berok Gunung Pangilun. Pada kesempatan ini menghadirkan narasumber Kasi Pembinaan Kesertaan KB pada DP3AP2KB Misnawti. Materi yang dibahas adalah seputar program kerja Pokja Kampung KB Berok Gunung Pangilun yang akan dilaksanakan di 2018.

Disela itu, Lurah Gunung Pangilun Andi Amir mengatakan, pembangunan di Kampung KB dikeroyok melalui program dari berbagai dinas dan instansi.

“Misalnya Dinas Pertanian memprogramkan bantuan benih dan bibit ikan. Kemudian DP3AP2KB memberikan pelatihan, pembinaan, dan pelayanan KB. Khusus Dinas PUPR tahun ini akan membuat drainase dan pengerasan jalan,” kata lurah.

Menurut Andi Amir, disamping swadaya masyarakat yang tinggi dalam partisipasi untuk pembangunan infrastruktur, dalam hal program KB juga sudah cukup bagus.

“Hanya perlu edukasi secara terus-menerus agar masyarakat memahami tujuan ber-KB untuk menuju keluarga sejahtera,” tuturnya.(timhumas)

LEAVE A REPLY