Beranda BERITA TERBARU Mengungkap “Tabir Pungli” di Imigrasi Padang

Mengungkap “Tabir Pungli” di Imigrasi Padang

643
0
BERBAGI

Pengurusan Paspor Jalur “Walk-in atau On-Line” Sama Ribetnya

PADANG (LN)—Untuk bisa memiliki paspor, ada dua cara yang dapat ditempuh, diantaranya Walk-In (Langsung mendatangi kantor imigrasi) dan On-Line.

Biasanya, masyarakat awam lebih memilih jalur walk-in, meskipun harus ikut antrian dan menunggu lama. Sementara masyarakat pengguna teknologi, biasanya lebih cendrung memilih membuat paspor melalui sistem online, karena dianggap lebih mudah, efisiensi serta terhindar dari antrian di loket pendaftaran.

Namun pada dasarnya, ke dua sistim tersebut sama ribetnya. Jaringan yang padat, akan membuat susah untuk masuk dalam sistim layanan online di Imigrasi, loading.. dan loading lagi.

Parahnya lagi, ketika data yang dimasukan di tolak oleh sistem di Imigrasi akibat kesalahan penulisan atau adanya perbedaan data di dokumen. Otomastis sistim akan menolak berkas tersebut. Jadi sebelum menggunakan jalur on-line, terlebih dahulu perlu dipastikan tidak ada perbedaan pada ketiga dokumen KTP, KK dan surat nikah.

Apabila ini terjadi, maka ada dua alternatif yang dapat ditempuh, yakni merubah data yang ada ke instansi terkait dengan memakan proses jangka waktu lama atau datang langsung ke kantor imigrasi terdekat mempertanyakan solusinya.

Dan mayoritas, masyarakat memilih untuk mendatangi kantor Imigrasi terdekat.

Dari konfirmasi yang dilakukan media ini kepada 10 orang yang datang mengurus paspor di Kantor Imigrasi Kelas IA Padang, yang menggunakan jalur walk-in ada sebanyak 6 orang, sedangkan sisanya 4 orang lainnya menempuh jalur online namun gagal (ditolak sisitem) karena ada perbedaan dokumen………………….Bersambung

LEAVE A REPLY