Beranda BERITA TERBARU Menyorot Seputar Pemilihan Wali Nagari Sarilamak “JANGAN MENYESAL JIKA MEMILIH OLLY...

Menyorot Seputar Pemilihan Wali Nagari Sarilamak “JANGAN MENYESAL JIKA MEMILIH OLLY WIJAYA”

305
0
BERBAGI

Oleh: ALTOYO, S.Pi (Mantan Bamus Sarilamak-Tokoh Muda Kabupaten Limapuluh Kota)

Limapuluh Kota —- Sebagaimana yang kita ikuti dan ketahui bahwa ada 70 (tujuh puluh) Wali Nagari di Kabupaten Lima Puluh Kota ini yang akan dan telah berakhir masa jabatannya. Tentunya dengan demikian, perlu segera dilakukan suksesi pemilihan dari Wali Nagari di daerah kita ini seperti periode-periode sebelumnya.

Pemilihan Wali Nagari serentak ini, diyakini akan membawa gelombang angin segar yang baru bagi pesta demokrasi bagi masyarakat di Pemerintahan terbawah yakninya dalam menentukan puncak kepemimpinan eksekutif di Pemerintahan Nagari.

Pemilihan wali nagari merupakan salah satu produk dari konsensus politik nasional yang merupakan salah satu instrument penting dalam penyelenggaraan pemerintahan pasca bergulirnya era otonomi daerah.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pemilihan wali nagari secara langsung ini akan membuka ruang partisipasi yang lebih luas bagi masyarakat untuk terlibat dalam proses demokrasi guna menentukan kepemimpinan politik di tingkat lokal yang sekaligus membuka ruang dan peluang bagi masyarakat untuk mengaktualisasikan hak-hak politiknya secara lebih baik tanpa harus direduksi oleh kepentingan-kepentingan sempit para elit politik.

Disamping itu, kita juga sudah menyimak dan mengetahui bahwa rangkaian Tahapan Pelaksanaan dan Penetapan Nagari Peserta Pemilihan Wali Nagari Serentak di Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2022 juga telah ditetapkan. Sebagaimana yang tertuang  dalam Keputusan Bupati Lima Puluh Kota Nomor 140/43/Bup-LK/I/2022 Tentang Hari dan Tanggal Pemungutan Suara, Tahapan Pelaksanaan Serta Penetapan Nagari Peserta Pemilihan Wali Nagari Serentak Di Kabupaten Lima Puluh Kota Tahun 2022.

Terkait Pemilihan Wali Nagari ini, Sarilamak menjadi salah satu daerah atau nagari yang menarik untuk dipantau dan diperhatikan. Bagaimanapun juga, selaku Ibu Kota Kabupaten dan juga penganalogian bahwa Sarilamak sebagai miniaturnya Lima Puluh Kota, tentunya Sarilamak menjadi barometer pemilihan wali nagari pada tahun ini dan menarik untuk disimak.

Seiring dengan itu, tentunya tokoh-tokoh atau putra daerah yang maju dan ambil bagian dalam pesta demokrasi di Nagari Sarilamak tahun ini menjadi menarik untuk diperbincangkan. Berdasarkan pendaftaran dan hasil penetapan Calon Wali Nagari sarilamak serta pencabutan nomor urut, ada 4 (empat) orang putera terbaik Nagari Sarilamak yang telah ditetapkan sebagai calon, yaitunya Nomor 1 Yuliansof, Nomor 2 Olly Wijaya, SE Dt. Kali Nan Putiah, Nomor 3 Aldasman, S.Pd dan Miswan sebagai calon nomor urut 4.

Dewasa ini hingga beberapa hari ke depan, setidaknya menjelang tanggal 25 Mei 2022, setiap calon wali nagari akan berusaha menunjukkan kampanye kreatif dan alternatif kebijakan terbaik kepada publik. Selain itu, para calon wali nagari juga akan memperlihatkan kondisi organisasi yang baik, budaya solid dan berbasis ideologis yang kuat, maupun profesionalitas internal timnya masing-masing. Tak terkecuali Olly Wijaya SE yang mendapatkan nomor urut dua dalam pemilihan calon  wali nagari tahun ini.

Olly Wijaya, SE Dt. Kali Nan Putiah selaku calon incumbent, menjadi fokus pembicaraan dan bagian menarik untuk penulis angkat. Tak pelak lagi, selaku calon incumbent dalam pemilihan calon Wali Nagari Sarilamak periode 2022-2028, Olly Wijaya, SE Dt. Kali Nan Putiah sebagai Calon Wali Nagari yang sedang memerintah (incumbent) mempunyai peluang lebih besar dan mempunyai keuntungan lebih, yang tidak dipunyai oleh calon pendatang baru dalam memenangkan percaturan pemilihan wali nagari nantinya. Selain itu, tingkat keberhasilan pejabat (Wali Nagari) yang tengah memerintah untuk terpilih kembali justru sangat tinggi dan terbuka lebar.

Terlepas dari konsep di atas, selain peluang dan keuntungan yang dimiliki, kondisi yang bertolak belakang juga penulis jumpai di lapangan, dimana dalam berbagai keadaan, calon incumbent sering mendapat “serangan-serangan” kampanye dari rival-rival sesama calon, terutama berkaitan dengan program kerja dan hal-hal yang telah diperbuat selama sang calon menjabat. Tentunya tidak menutup kemungkinan, hal yang sama juga terjadi dalam pesta demokrasi pemilihan calon wali nagari Sarilamak tahun ini.

Ketika berbicara tentang sosok seorang Olly Wijaya, penulis sendiri cukup mengenal dan mempunyai kedekatan yang sangat baik. Kebersamaan kami diawali ketika saya dan Olly Wijaya berada di bawah payung organisasi yang sama, yaitu DPD KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kabupaten Lima Puluh Kota.

Dimana ketika itu saya mengemban amanah sebagai Sekretaris Umum DPD KNPI Kabupaten Lima Puluh Kota dan Olly Wijaya sebagai salah satu wakil ketua. Selaku senior, banyak pelajaran yang penulis dapat darinya, terutama idealismenya selaku pemuda dan bagaimana mengenyampingkan berbagai warna atau latar belakang OKP. Sehingga setiap perbedaan yang ada, dapat dilebur, dan dinetralisir guna mencapai tujuan organisasi sebagai wadah berkumpulnya semua OKP yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Setelah itu, kedekatan dan kebersamaan kami berlanjut ketika Olly Wijaya mengemban amanah dari masyarakat Nagari Sarilamak sebagai Wali Nagari dan saya menjadi salah satu anggota BAMUS (Badan Permusyawaratan) Nagari Sarilamak periode 2015-2021.

Di sinilah penuis lebih banyak berinteraksi dan mengenal lebih dalam tentang sosok dan prinsip hidup seorang Olly Wijaya. Dalam rentang kebersamaan tersebut, sebagai mitra strategis Pemerintah Nagari, komunikasi dan koordinasi kami pun terjalin dan terjaga dengan baik. Berbagai kebijakan selalu dibicarakan dan mengambil keputusan pun selalu melalui mekanisme rapat dan pembahasan bersama antara Pemerintah Nagari dengan Bamus Nagari Sarilamak.

Dalam rentang waktu kebersamaan tersebut, berbagai gebrakan dan inovasi program kerja dapat kita lihat dan buktikan bersama, seperti sistem pelayanan publik yang efektif dan tertata rapi, dimana inovasi ini khusus diperuntukan bagi warga masyarakat yang hendak mengurus segala keperluannya di kantor Wali Nagari .

Prestasi Pemerintah Nagari Sarilamak di bawah komando Olly Wijaya SE, Dt. Kali Nan Putiah yang notabenenya adalah Ibu Kota Kabupaten (IKK) Lima Puluh Kota, juga patut diacungi jempol. Beberapa prestasi oleh Olly Wijaya ketika menjabat diantaranya adalah menjadi Nagari pertama yang melaksanakan Musrenbang pada tahun 2019 dan 2020, selanjutnya ditahun yang sama, Nagari Sarilamak juga menjadi Nagari yang tepat waktu dalam Penyelesaian APB Nagari, dimana kepatuhan ini sesuai dengan Permendagri Tahun 2018.

Masih dalam bidang pemerintahan, Pemerintah Nagari Sarilamak bersama Bamus Nagari Sarilamak menjadi Terbaik Pertama ditingkat Kecamatan Harau dan menjadi Terbaik Kedua untuk penilaian Nagari Terbaik serta Bamus Terbaik untuk tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota. Tentunya masih banyak lagi berbagai prestasi yang diraih dan inovasi program lainnya yang dicanangkan oleh Olly Wijaya ini.

Oleh karena itu, jika melihat program kerja yang telah diperbuat oleh Olly Wijaya dan prestasi yang diraih dalam bidang pemerintahan, tidak ada kata-kata “Jangan Menyesal Jika Memilih Olly Wijaya”. Justru dengan keberhasilannya tersebut, kita patut mendukungnya untuk kembali melanjutkan kepemimpinannya sebagai Wali Nagari Sarilamak untuk 6 (enam) tahun kedepan.

Disamping itu, khusus bagi kita para pemuda dan pemudi di nagari Sarilamak, perlu menjadi perhatian bagi kita bersama, dimana beberapa tahun terakhir ini kegiatan kepemudaan mulai menggeliat dan mendominasi, tidak hanya di nagari dan kecamatan Harau saja, akan tetapi keaktifan dan prestasi pemuda Nagari Sarilamak yang tergabung dalam karang taruna juga membawa nama baik Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota dan juga provinsi Sumatera Barat dikancah nasional.

Mulai dari tahun 2015 hingga 2019, beberapa orang pemuda terbaik Nagari Sarilamak selalu meraih juara I sebagai Pemuda Pelopor dibeberapa bidang kepeloporan yang dilaksanakan oleh Kementrian Pemuda dan Olah Raga. Tentunya para juara ini secara otomatis mewakil Kabupaten Lima Puluh Kota untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat. Sementara itu, khusus bagi kepengurusan Karang Taruna, pada tahun 2018 dan 2019, berhasil meraih juara I Karang Taruna di tingkat Kabupaten Lima Puluh Kota dan selanjutnya keluar menjadi juara II Karang Taruna terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat. Selain itu, Pemerintah Nagari Sarilamak juga berhasil mengutus 2 (dua) pemuda terbaiknya dalam program JPI (Jambore Pemuda Indonesia) dan BPAP (Bakti Pemuda Antar Provinsi) pada tahun yang berbeda.

Terlepas dari itu semua, tentunya keberhasilan para pemuda terbaik Nagari Sarilamak dalam berbagai kompetisi tersebut, membuktikan keseriusan Pemerintah Nagari dibawah tampuk pimpinan Olly Wijaya dalam menggandeng dan membina para pemuda tersebut.

Hal lain juga dibuktikan oleh Olly Wijaya dalam memberikan perhatian dan keseriusannya terhadap generasi muda, yaitunya dengan tanpa segan-segan mengalokasikan dana nagari yang terbilang cukup besar dan fantastis, untuk mendanai berbagai program kerja dan kegiatan kepemudaan untuk setiap tahunnya, dibawah lembaga karang taruna Nagari Sarilamak.

Jadi, dengan demikian khususnya bagi para pemuda dan pemudi Nagari Sarilamak yang selalu tampil sebagai garda terdepan dalam setiap perubahan sosial di tengah masyarakat, sudah sepatutnya menjatuhkan pilihannya kepada Olly Wijaya, SE, Dt. Kali Nan Putiah. Lagi-lagi, mari kita buang jauh-jauh asumsi “Jangan menyesal jika memilih Olly Wijaya”. Sejatinya, Olly Wijaya lah pimpinan muda yang harus didukung oleh suara para pemuda.

Ketika berbicara tentang Nagari Sarilamak yang merupakan Ibu Kota Kabupaten (IKK) Lima Puluh Kota, bisa kita analogikan bahwa Nagari Sarilamak ini merupakan miniaturnya Kabupaten Lima Puluh Kota. Tentunya dalam hal pengelolaan dan pola pengurusan nagari ini, (mohon maaf) tidak bisa disamakan dengan nagari lainnya. Wali Nagari selaku pimpinan dalam menjalankan roda pemerintahan nagari, tidak boleh orang yang bermentalitas coba-coba atau masih tahap belajar.

Tidak boleh pula diserahkan kepada oang yang tidak kenal dengan daerah atau seluk-beluk nagarinya ini. Kendati nagari merupakan pemerintahan terendah dalam struktur pemerintahan, namun disatu sisi, posisi nagari tidak terlepas dari peran adat dan budaya yang masih kental melekat.

Oleh karena itu, sosok pimpinan di Nagari Sarilamak ini, haruslah orang yang mengerti dan paham akan adat dan budaya masyarakatnya. Tanpa disadari, kondisi Nagari Sarilamak hari ini, jauh berbeda dengan kondisi yang kita jumpai ketika masih muda dulu atau sebelum otonomi daerah dan termasuk sebelum kepindahan Ibu Kota Kabupaten ke Sarilamak ini.

Keberadaan Sarilamak sebagai IKK, menuntut Wali Nagarinya harus bersikap tegas dan bahkan diminta keras. Paham akan sistem pemerintahan, menguasai berbagai regulasi-regulasi dan mengerti akan kondisi nagarinya, menjadi syarat mutlak bagi siapapun yang ingin menduduki kursi nomor 1 (satu) di Nagari Sarilamak.

Selaku nagari yang berada di IKK, tanpa disadari akan menimbulkan berbagai polemik baik dengan masyarakat ataupun dengan pemerintahan di atas, persoalannya seperti terkait kewenangan yang terkesan tumpang tindih, wilayah kerja yang menimbulkan tarik ulur, termasuk urusan infrasktruktur yang harus pandai mengkoordinasikan, apakah termasuk kewenangan nagari, kecamatan, kabupaten atau provinsi dan berbagai persoalan lainnya.

Oleh karena itu, sosok Olly Wijaya selaku pemuda yang intelek, dan juga merupakan seorang penghulu atau niniak mamak, dirasa cukup dan melengkapi syarat yang diperlukan dalam bertindak sebagai komando untuk menjalankan roda pemerintahan Nagari Sarilamak yang terkenal dengan kemajemukkannya dan masyarakat serta adatnya yang heterogen. Menjadi satu-satunya Calon Wali Nagari dari kalangan Niniak Mamak, tentu menjadi harapan bagi kita agar para Penghulu atau Niniak Mamak untuk dapat mengarahkan anak kemenakannya dan memberikan dukungan kepada Olly Wijaya, SE Dt. Kali Nan Putiah sebagai Wali Nagari Sarilamak periode 2022-2028.

Oleh Karena itu, kalimat “Jangan menyesal jika memilih Olly Wijaya”, tidaklah tepat untuk kita gaungkan. Justru karena itu, mengusung, mendukung dan mendudukkan Olly Wijaya kembali menjadi Wali Nagari, mutlak untuk kita lakukan. Untuk itu, saya menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Nagari Sarilamak yang sudah terdaftar dalam DPT untuk dapat menggunakan Hak Pilihnya pada hari Rabu Tanggal 25 Mei 2022 nanti.

LEAVE A REPLY