Beranda BERITA TERBARU Meski Diduga Tidak Memiliki Izin Bangunan, Pelaksanaan Pembangunan, Cv Kober Tetap Berjalan.

Meski Diduga Tidak Memiliki Izin Bangunan, Pelaksanaan Pembangunan, Cv Kober Tetap Berjalan.

1186
0
BERBAGI

Medan.Maklumatnews.net. Kendati sudah sering di sosialisasikan, aturan PERDA yang melarang membangun tanpa Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), ternyata masih ada saja yang melanggar seperti bangunan milik CV.Kober Industri barang-barang plastik di jalan Yos Soedarso Km.10,8 Kelurahan Kota Bangun Kecamatan Medan Deli. Kotamadya Medan. Sumatera Utara.

Bangunan pabrik yang diduga tidak memiliki ijin Hal tersebut tentu melanggar Peraturan Pemerintah (PP) No. 6 Tahun 2010 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), yang seharusnya setiap adanyan pembangunan harus mengantongi izin.

Menurut salah satu warga sekitar, Wira juga selaku aktivis di Medan Utara mengatakan ” Memang saya melihat aktivitas dalam pabrik itu terlihat sepi, seperti sembunyi-sembunyi, jadi kesan nya seperti pabrik ilegal, beda sama pabrik yang lainnya, ramai dan ada aktivitas nya ” ucapnya

Saat kami menindak lanjuti laporan warga sekitar bangunan tersebut, kami dapati didalam area pabrik itu terdapat aktivitas pengolahan industri barang-barang plastik.

Kami pun mencoba mempertanyakan tentang hal tersebut kepada salah satu penjaga pintu depan security yang saat itu berada di lokasi pabrik tersebut, namun sangat disayangkan dirinya, enggan memberikan keterangan terkait masalah bangunan yang tidak memiliki ijin mendirikan bangunan yang
kami lihat, bahkan berusaha keras menghalang-halangi kami sebagai sosial kontrol (Wartawan) yang berbadan hukum sesuai Undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Pasal 18 ayat 1.

“Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan pasal 4 (empat) ayat 2 (dua) dan 3 (tiga) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta”

Adapun dugaan yang kami terima dari salah satu sumber yang dapat kami percaya, bahwa dalam proses perijinan pabrik tersebut, diduga tidak mengantongi ijin-ijin seperti UPL/UKL dll. Maka kami berharap pemerintah setempat khususnya kecamatan Medan Deli tidak tutup mata atas berdirinya pabrik tersebut sesuai PP No 6 tahun 2010.

Penulis : Wira

Editor.  : Redaksi

 

LEAVE A REPLY