Beranda BERITA TERBARU Musala Nurul Iman Tongah Padang Di Kelurahan Balai Panjang Butuh Pembenahan MCK...

Musala Nurul Iman Tongah Padang Di Kelurahan Balai Panjang Butuh Pembenahan MCK dan Infrastruktur

195
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Musala Nurul Iman yang terletak di Lingkungan Tongah Padang, Kelurahan Balai Panjang membutuhkan pembenahan MCK dan infrastruktur segera untuk menunjang kebutuhan aktifitas keagamaan masyarakat setempat.

Musala yang berdiri di atas tanah seluas 300 meter persegi ini sudah ada sejak tahun 1996, awalnya hanya dari papan, hingga kini meski sudah berdinding batu, tapi sarana dan prasarananya masih minim. Sementara itu, dengan daya tampung sekitar 100 jemaah warga RT3/RW2 masih belum memuaskan kebutuhan akan rumah ibadah yang diidamkan masyarakat.

“Bangunan MCK sudah ada, tetapi belum layak dipakai. Air dari layanan PDAM sudah dipasangkan, tetapi WC dan tempat berwudunya yang butuh dibenahi. Atapnya juga sudah tiris dan banyak yang bocor,” kata Ketua Pengurus Musala Afribar Dt. Patiah Nan Kuniang kepada media, Minggu (23/1).

Dt. Patiah memaparkan, musala ini juga dimanfaatkan untuk tempat belajar alquran anak-anak setempat, karena untuk mengakses mesjid yang ada di pusat kelurahan lokasinya cukup jauh.

“Ada 70 KK yang tinggal disini, warga lingkungan Tongah Padang ini kalau salat lima waktu dan salat di malam bulan ramadhan juga disini, hanya saat Salat Jumat bapak-bapak harus ke mesjid yang lokasinya 2 Km dari sini,” kata Afribar.

Dt. Patiah berharap menjelang bulan suci Ramadhan tahuh ini MCK dan atap musala yang tiris sudah dapat dibenahi.

“Kami butuh anggaran 20 juta untuk membenahinya,” kata Dt. Patiah.

Sementara itu, Lurah Balai Panjang Bima Rahmon menyampaikan akibat Covid-19, hibah dari pemerintah sulit untuk didapatkan, apalagi kalau mengharapkan swadaya masyarakat juga sulit karena kondisi ekonomi mereka juga terpuruk.

“Lurah dan pengurus musala sangat-sangat membuka telpak tangan yang seluas-luasnya untuk menerima bantuan dari donatur demi pengembangan musala Nurul Iman,” kata Lurah. (FS)

LEAVE A REPLY