Beranda BERITA TERBARU Musrenbang RKPD Kota Payakumbuh Tahun 2020, Erwin Yunaz : Pastikan Pembangunan Bukan...

Musrenbang RKPD Kota Payakumbuh Tahun 2020, Erwin Yunaz : Pastikan Pembangunan Bukan Hanya Fisik, Namun Juga Pembangunan SDM

1093
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Dan Pelayanan Publik Untuk Pertumbuhan Yang Berkualitas, menjadi tema dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Payakumbuh Tahun 2020.

Musrenbang yang digelar pada tanggal 27 hingga 28 maret 2019 di Ruang Ngalau Indah Lantai 3 Balaikota Payakumbuh ini mengusung 5 poin penting dalam prioritas pembangunan daerah Kota Payakumbuh.

1. Peningkatan kualitas pelayanan dibidang pendidikan, kesehatan, dan kebutuhan dasar lainnya.
2. Peningkatan perekonomian yang tangguh, unggul, berdaya saing, dan berkeadilan denfan berbasis ekonomi kerakyaatan.
3. Peningkatan penataan kota, ketersediaan infrastruktur dan fasilitas umum yang nyaman dan berkelanjutan.
4. Peningkatan tata pemerintahan yang baik dan bersih (Good and Clean Governance).
5. Peningkatan amalan ajaran agama dan budaya.

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz Membuka Musrenbang Kota Payakumbuh Secara Resmi

Membuka acara secara resmi Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz dalam sambutannya menyampaikan musrenbang dimulai pada 47 Kelurahan di 5 kecamatan di Kota Payakumbuh, hasil prioritas kecamatan diselaraskan dengan Renja oleh Perangkat Daerah terkait. Selanjutnya dikomunikasikan lagi dengan para pemangku kepentingan dan lintas Perangkat Daerah melalui Forum Perangkat Daerah untuk penajaman sasaran prioritas pembangunan yang harus dicapai sebagaimana tercantum dalam RPJMD.

Kita berharap melalui perencanaan pembangunan yang dimulai dari mufakat RW ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan kita juga menginginkan partisipasi aktif dari masyarakat, dunia usaha, serta tokoh agama dan budaya untuk memastikan pembangunan di Kota Payakumbuh berlangsung dengan baik, tak hanya pembangunan fisik saja, tapi juga pembangunan SDM,” ujar Erwin.

Selanjutnya Erwin Yunaz menyebutkan hasil musrenbang Kota Payakumbuh merupakan aspirasi masyarakat yang ditampung dari bawah dan akan menjadi bahan untuk penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah sekaligus bahan penyusunan Rancangan Akhir RKPD Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2020.

“Selaku kepala daerah kami berharap, melalui perencanaan pembangunan yang dimulai dari mufakat RW, serta penggunaan aplikasi perencanaan tersebut, diharapkan dapat menampung dan menyerap aspirasi warga sehingga pembangunan yang dilaksanakan di Kota Payakumbuh benar-benar memenuhi kebutuhan masyarakat secara keseluruhan dan terus meningkatkan Integritas, Sinkronisasi, dan Sinergisitas pembangunan di Kota Payakumbuh,” pungkas Wawako Erwin.

Foto Bersama Bappeda Kota Payakumbuh

Dalam musrenbang Kota Payakumbuh kali ini juga Bappeda Kota Payakumbuh pertamakali menggunakan Aplikasi slido.com dimana setiap undangan yang hadir bisa memberi komentar, saran, dan masukan selama musrembang digelar dengan mengakses laman tersebut.

“Setiap undangan yang hadir dapat mengakses dan masuk dengan kode ID yang telah disediakan di tempat duduknya masing-masing, kita menggunakan aplikasi slido berbasis online agar seluruh kritik dan saran undangan bisa kita tanggapi, mengingat kalau melalui sesi diskusi didalam forum pasti tidak semuanya bisa kami fasilitasi,” ujar Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Drs. Ifon Satria Chan, M.Si.

Unsur Forkopimda & Undangan Yang Hadir Dalam Musrenbang Kota Payakumbuh

Mengapresiasi Pemko Payakumbuh, Ketua LKAAM Wirianto Dt. Paduko Bosa Marajo mengatakan harapan masyarakat ketika musrenbang digelar adalah supaya keinginan masyarakat dalam kebutuhan pembangunan betul-betul terwujud, ketika ingin membangun tentu saja yang dicari adalah skala prioritas, bukan hanya sekedar keinginan pejabat pemerintah saja.

“Memang seharusnya begitu, usulan diambil dari bawah, ada hal yang harus diperhatikan dalam kebutuhan masyarakat, seperti kita lihat kemarin ada masalah yang terjadi ketika distribusi pupuk. Perlu rasanya diuraikan juga apa penyebabnya dan bagaimana jalan keluarnya,” ujar Ketua LKAAM.

Wirianto Dt. Paduko Bosa Marajo memaklumi untuk usulan yang tidak mungkin semuanya terpenuhi, cuma perlu diperhatikan bagaimana usulan yang diambil adalah usulan dari masyarakat yang benar-benar membutuhkan sekali.

“Kita maklum, kalau prioritas usulan tidak tercapai oleh anggaraan tahun ini, maka akan kita jadikan lagi usulan prioritas di tahun depan,” pungkasnya. (FS)

#LiputanKhususDiskominfoKotaPayakumbuh

LEAVE A REPLY