Beranda ACEH Nahdatul Ulama Aceh Singkil Usulkan Syech Abdurrauf Al – Singkili Menjadi Pahlawan...

Nahdatul Ulama Aceh Singkil Usulkan Syech Abdurrauf Al – Singkili Menjadi Pahlawan Nasional

332
0
BERBAGI
Ustad Rosman Hasmi Ketua Nahdatul Ummat Aceh Singkil

Aceh Singkil, maklumatnews.net –Roesman Hasmy Ketua Pimpinan Nahdlatul Ulama (NU) daerah Kabupaten Aceh Singkil mengusulkan Ulama Aceh Syeikh Abdurrauf Al Singkily menjadi pahlawan nasional kedalam pemerintahan pusat harus berlanjut.

Pasalnya, Syekh Abdurrauf adalah salah satu tokoh yang berjasa dalam penafsiran Alquran dari bahasa Arab ke dalam bahasa Melayu di tanah Nusantara ini.

Kemudian, Syekh Abdurrauf telah banyak terjemahkan Alquran ke dalam bahasa Melayu yang tercantum dalam kitab tafsir Tarjuman al-Mustafid. Syech Abdurrauf Al singkilI tersebut sangat dikenal sebagai seorang sastrawan, sufi, dan guru agama, ucap Roesman Hasimy kepada Wartawan di Singkil, Kamis, (5/9/2019).

Roesman menyebutkan melalui pengusulan ini, pihaknya akan segera menggelar seminar Internasional yang bertemakan Tokoh Ulama Kharismatik Aceh Syekh Abdurrauf As Singkily.

“Kami sudah sepakat bersama Pemda Aceh Singkil, untuk membuat Tim Panitia Pemberian Gelar Daerah (P2GD). dan kita sudah melengkapi bahan dan karya-karya ilmiah ulama tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya juga sudah melakukan audensi dengan Kementerian Sosial. Dan mereka mengusulkan agar seminar tersebut dilaksanakan di Banda Aceh. Namun NU tetap mengupayakan agar di gelar di Aceh Singkil dan akan disesuaikan dengan anggaran yang akan dikeluarkan.

Rosman menambahkan, NU juga berencana mengundang Kiai H Ma’ruf Amin sebagai Wapres, untuk berkunjung ke Aceh Singkil sebagai negerinya para ulama Aceh.

Ketua NU Aceh Singkil ini juga mengaku siap mendukung program pemerintah kabupaten, termasuk pengembangan sektor pariwisata kawasan hutan Rawa Singkil Lae Treup.

Pada Kunjungan Menko Maritim dan rombongan yang lalu mereka meninjau langsung kawasan Rawa Singkil yang akan dijadikan objek pengembangan kawasan pariwisata daerah.

Selain itu, NU juga mengusulkan agar lokasi Makam Syekh Abdurrauf tersebut bisa menjadi destinasi wisata religi, sekaligus menjadikan Situs Sejarah Aceh.

Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para Pahlawannya. Sebut Rosman
(Rahmat)

LEAVE A REPLY