Beranda DPRD KOTA PADANG Osman: Anjuran Mendagri Tak Bisa Dilaksanakan Semuanya di Padang

Osman: Anjuran Mendagri Tak Bisa Dilaksanakan Semuanya di Padang

276
0
BERBAGI

MAKLUMATNEWS.NET,(PADANG)- Himbauan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo agar pedagang makanan yang berjualan di siang hari bulan Ramadan dibolehkan dan tidak ditindak, mendapat reaksi pro kontra di daerah. Menurut Osman Ayoeb, Ketua Komisi I DPRD Kota Padang, anjuran Mendagri tersebut tidak bisa semuanya dilaksanakan di Kota Padang.

“Perda Kota Padang nomor 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum kan belum dicabut, sehingga perlu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan elemen-elemen yang melahirkan perda tersebut melakukan penertiban. Dalam perda itu juga diatur tentang berjualan di bulan Ramadan,” cakap Osman Ayoeb ketika dikonfirmasi media ini, Selasa, 14 Juni 2016.

Ia mengatakan, tidak semua warung atau rumah makan yang ditutup. Namun perlu ada pengaturan, misalnya rumah makan yang buka disiang hari harus ditutupi kelambu atau semacamnya. Tetapi jangan semua tempat di Kota Padang dibebaskan berjualan makanan di siang hari. Perlu ditetapkan tempat-tempat khusus, seperti kawasan non muslim.

“Kalu di Kecamatan Nanggalo misalnya, saya tidak setuju ada warung atau rumah makan yang buka. Artinya ada tempat khususnya, misalnya di Ujung Tanah atau lainnya. Bukan disembarang tempat dibolehkan,” cakap politisi Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ini.

Ia mengatakan, apa yang disampaikan Menteri Dalam Negeri bukan aturan, tetapi hanya semacam anjuran. Kalau berupa aturan, tentu dalam bentuk tertulis. Tujuannya hanya sekedar solidaritas bagi pedagang yang berjualan dan orang yang membutuhkan.

“Kita di Kota Padang jangan amburadul pula. Tetap kita himbau Satpol PP melakukan pengawasan. Tapi jangan melakukan sesuatu pula dari kondisi yang mereka lihat, jangan anarkhis. Saya tidak setuju tindakan anarkhis,” pungkasnya.

Dikatakan Osman Ayoeb, anjuran Menteri Dalam Negeri jangan sampai direspon pedagang dengan seenaknya membuka rumah makannya. Jangan sampai mencolok, namun harus ada pengaturan dan pengawasan.

LEAVE A REPLY