Beranda PEMKO PADANG Padang Gagas Kerjasama dengan Vietnam

Padang Gagas Kerjasama dengan Vietnam

328
0
BERBAGI

MAKLUMATNEWS.NET,(PADANG)-Kota Padang telah menjalin hubungan persaudaraan dengan Provinsi Ba Ria Vung Tau, Vietnam. Hal ini direspon baik oleh Pemerintah Republik Indonesia. Sebab, selama ini belum satupun kota di Indonesia yang menjalin kerjasama dengan Vietnam.

“Menurut Kementerian Luar Negeri, kita merupakan kota pertama yang melakukan kerjasama dengan Vietnam. Makanya Kementerian Luar Negeri sangat mensupport,” terang Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo, kemarin.

Disebutkan Walikota, cukup banyak bahagian yang mengkonkritkan jalinan kerjasama antara Kota Padang dengan Vietnam. Salah satunya yakni cukup banyak perantau Minang yang ada di Vietnam. Termasuk adanya PT Semen Indonesia di negara itu. “Karena itu kita akan detailkan kerjasama ini,” ujar Mahyeldi.

Seperti diketahui, Padang telah sukses sebagai tuan rumah pelaksanaan pertemuan Menteri Luar Negeri negara-negara yang tergabung ke dalam Indian Ocean Rim Association (IORA). Termasuk menggagas Indonesia Indian Ocean Local Government Forum (IIOLGF). Walikota Padang juga ditunjuk sebagai Ketua Apeksi Wilayah I. Berbekal itu, Kota Padang akan menjembatani produk Vietnam ke luar negeri, terutama ke negara-negara IORA.

Walikota juga melihat banyak peluang dalam “Sister City” dengan Ba Ria Vung Tau ini. Menurut Walikota, di Padang punya peluang kawasan industri. Saat ini di Padang mulai membangun “Marine Techno Park”, termasuk Padang Industrial Park (PI) dan kawasan industri lain. “Sebagai Ketua Apeksi Wilayah I, saya akan coba mendorong industri ke depan agar lebih baik,” kata Mahyeldi.

humas

LEAVE A REPLY