Beranda BERITA UTAMA Padang Raih Kota Potensial Untuk Investasi

Padang Raih Kota Potensial Untuk Investasi

377
0
BERBAGI

PADANG-maklumatnews.net- Geliat investasi di Kota Padang menunjukkan ‘trend positif’ sejak setahun terakhir. Perkembangan properti dan pembangunan infrastruktur meningkat tajam.

Tidak heran, Kota Padang kembali meraih penghargaan “Indonesia Attractiveness Award 2017” sebagai kota yang potensial untuk pengembangan investasi.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah Dt. Marajo akan menerima penghargaan tersebut pada malam apresiasi Indonesia Attractiveness Award 2017 di Jakarta, Jumat (29/9/2017).

Menurut Mahyeldi, pengembangan investasi di Kota Padang sudah mulai dilirik investor untuk berinvestasi. Terlihat dari beberapa pembangunan yang telah selesai dilaksanakan maupun yang sedang dalam pengerjaan.

“Hingga saat ini iklim investasi di Padang menunjukkan tren positif. Kota Padang masih menjadi tujuan utama untuk menanamkan investasi di Provinsi Sumatera Barat.

Beragam investasi dapat ditanamkan, baik sektor pariwisata, seperti hotel hingga restoran, sektor pendidikan, seperti perguruan tinggi swasta, maupun sektor kesehatan, seperti rumah sakit swasta,” kata Mahyeldi.

Lebih lanjut Mahyeldi mengatakan, pada 2018, akan ada pelebaran jalan di kawasan pembangunan. Pasar raya yang menampung ribuan pedagang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) juga segera diresmikan Presiden Joko Widodo pada Oktober mendatang.

“Di bidang pariwisata, ada sejumlah spot destinasi pariwisata yang potensial untuk dikembangkan, salah satunya wisata bahari,” ungkapnya.

Mahyeldi berharap investasi di Kota Padang semakin bergerak maju. Pihaknya sudah menghubungi beberapa investor. Seperti mempromosikan peluang investasi kepada ratusan pengusaha dari Timur Tengah. Tak hanya itu, forum bisnis dengan pengusaha lokal di Padang pun dilakukan.

“Kami memiliki cukup banyak pulau dengan keindahan yang luar biasa. Itu yang kita coba tawarkan kepada mereka. Kami juga menawarkan sejumlah opsi investasi di bidang lainnya, seperti infrastruktur, perhotelan, dan bidang energi,” ujarnya.

Mahyeldi juga sudah berkomunikasi dengan para pengusaha Minang di Jakarta tentang peluang investasi. Pembangunan properti, khususnya perumahan mulai berkembang. Siapa pun yang memenuhi persyaratan akan diterima untuk berinvestasi.

Bagi investor yang ingin berinvestasi, pemerintah Kota Padang memberikan banyak kemudahan. Pemerintah kota telah memiliki peraturan daerah tentang insentif untuk investasi.

“Perda (peraturan daerah) Nomor 11 Tahun 2009. Dengan adanya perda ini, Kota Padang mempunyai keunggulan kompetitif (competitive advantage) dibanding daerah lain yang sama-sama menjadi tujuan investasi,” ucapnya.

Adapun penghargaan Indonesia Attractiveness yang diraih kali ini merupakan hasil riset yang diadakan Tempo Media Group. Riset ini melibatkan investor dan publik untuk memperoleh data mengenai daya tarik di sektor Investasi, Infrastruktur, Layanan Publik dan Pariwisata untuk tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Setelah melewati tahap pemeriksaan dan penyaringan data-data perekonomian di seluruh Provinsi sampai Kabupaten / Kota di Indonesia, serta melakukan survei, pengolahan dan verifikasi data terhadap nominasi-nominasi Kabupaten/Kota terpilih.

Akhirnya Kota Padang dinyatakan sebagai pemenang Indonesia Attractiveness Award 2017. Kategori Kota Terbaik Index 82.75 dan Kota Terbaik untuk Kategori Investasi Index 89.34. Seperti lampiran pada surat undangan yang dikirim panitia ke Pemko Padang.

“Terpilihnya Kota Padang sebagai pemenang Indonesia Attractiveness Award 2017 menunjukkan adanya potensi besar Kota Padang untuk dapat menarik minat para investor berbagai industri dan pelaku bisnis beragam sektor untuk turut memajukan perekonomian daerah,” tukas Mahyeldi.

(DU/Zal/Joim)

LEAVE A REPLY