Beranda BERITA TERBARU Panwaslu Pasaman Sosialisasikan Peran Penting Masyarakat Dalam Pengawasan

Panwaslu Pasaman Sosialisasikan Peran Penting Masyarakat Dalam Pengawasan

461
0
BERBAGI

PASAMAN, MAKLUMATNEWS – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat 2019 gelar sosialisasi peran penting masyarakat dalam pengawasan partisipatif. Sosialisasi ini adalah kali ke Enam dilaksanakan oleh Panwaslu Pasaman, di Lubuk Sikaping, Senin (11,12).

Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari Tokoh Masyarakat, Ormas, Mahasiswa dan Ketua Panwascam yang ada di setiap kecamatan, jelas Panitia Pelaksana Refki Mukhliza, SH, MH juga selaku Kepala Sekretariat Panwaslu Pasaman saat menyampaikan sambutannya.

Unsur pimpinan Panwaslu Pasaman Kristian, S.Pdi menyampaikan, Kami sangat mengaharapkan peran serta masyarakat dalam membantu pengawasan Pemilu, sebutnya didampingi oleh Refki Mukhliza.

“Masyarakat adalah subjek pengawasan Pemilu, maka kami berharap bagi seluruh peserta yang mengikuti sosialisasi ini bisa menyebarluaskan apa yang didapat pada acara ini dan tidak terhenti didiri kita saja, namun kita sebarluaskan bagaimana itu pengawasan partisipatif”, harapnya.

Kemudian Abrar, M.Ag Dosen dari Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang selaku narasumber menyampaikan, Dalam pelaksanakaan Pemilu partisipasi masyarakat harus tinggi. Kegiatan masyarakat secara aktif dalam politik akan mempengaruhi kebijakan pemerintah.

“Masyarakat akan memilih Pemimpin yang dia inginkan, jadi disitu pungsi kita sebagai pengawas jangan sampai siapa yang mereka pilih karena adanya sembako” tuturnya.

“Yang tidak ikut berpartisipasi dalam Pemilu dialami oleh banyak masyarakat karena kurangnya pengetahuan mereka. Namun apabila partisipasi meningkat maka sistem demokrasi juga akan meningkat” terangnya.

“Maka marilah kita dorong masyarakat untuk melakukan pengawasan dan ikut serta dalam poroses pemilihan demi untuk lahirnya demokrasi yang tinggi” ajaknya. (Red)

LEAVE A REPLY