Beranda BERITA TERBARU Pasukan Gabungan Irak Selangkah Lagi Masuk ke Mosul

Pasukan Gabungan Irak Selangkah Lagi Masuk ke Mosul

312
0
BERBAGI
Federal police forces take part in an operation against Islamic State militants in south of Mosul October 26, 2016. REUTERS/Stringer EDITORIAL USE ONLY. NO RESALES. NO ARCHIVE.

BAGHDAD-MAKLUMAT NEWS.net–Pasukan gabungan Irak dilaporkan selangkah lagi akan bisa memasuki kota Mosul. Pasukan gabungan Irak yang terdiri dari pasukan khusus dan tentara Irak, unit militer Kurdi, serta milisi Syiah dan Sunni disebut sudah berhasil mengepung dan merebut beberapa desa di sekitar Mosul.

Melansir Al Arabiya pada Jumat (28/10), pasukan khusus Irak yang melakukan serangan dari sisi timur Mosul saat ini dikabarkan hanya berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat kota Mosul. Mereka masih tertahan karena mendapat perlawanan ketat dari anggota ISIS yang berjaga di pintu masuk Mosul.

Sementara itu, tentara Irak dan unit militer Kurdi yang melakukan serangan dari sisi selatan Mosul saat ini hanya berjarak berjarak 35 kilomenter dari pusat kota kelahiran Saddam Hussein tersebut.

Pasukan khusus Irak dalam sebuah pernyataan menuturkan, serangan besar terhadap kota Mosul akan dilakukan secara serempak. Mereka akan terlebih dahulu menunggu unit serangan lain mendekati pintu masuk Mosul, sebelum akhirnya melakukan serangan pamungkas.

Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan sekitar 70 ribu orang diperkirakan akan mengungsi dari Mosul, sekitar 200 ribu akan membutuhkan layanan kesehatan darurat, termasuk lebih dari 90 ribu anak-anak yang akan membutuhkan vaksinasi dan 8.000 wanita hamil.

 

sindonews
(esn)

LEAVE A REPLY