Beranda BERITA TERBARU PEMBENTUKAN KARAKTER DI MENTAWAI, PENGABDIAN MASYARAKAT STKIP PGRI SUMATERA BARAT

PEMBENTUKAN KARAKTER DI MENTAWAI, PENGABDIAN MASYARAKAT STKIP PGRI SUMATERA BARAT

465
0
BERBAGI

Mentawai-maklumatnews.net-STKIP PGRI Sumatera Barat kembali menggelar kegiatan Pengabdian pada Masyarakat dengan tema “Pembentukan Karakter” beberapa waktu lalu. Lokasi kegiatan dipusatkan di SMA N 2 Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Sasaran kegiatan ini adalah siswa kelas X.

Selain mengajar dan melakukan penelitian, dosen juga harus bergerak untuk meningkatkan kualitas diri agar bermanfaat bagi sesama. Untuk itu, pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu ajang untuk meningkatkan kualitas diri, kualitas institusi, dan kualitas masyarakat.

Sekaitan dengan itu, dosen dari program studi Pendidikan Sosiologi, PPKn, Pendidikan Geografi, dan Pendidikan Sejarah STKIP PGRI Sumatera Barat melakukan program Pengabdian pada Masyarakat yang memang rutin dilakukan setiap semester, dan kali ini dilakukan ke SMA Negeri 2 Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, untuk memberikan edukasi kepada siswa mengenai cara pembentukan karakter (character building). Kegiatan ini dilakukan pada bulan September – Oktober 2018.

Karakter merupakan suatu sifat dasar yang dimiliki oleh seseorang. Tanpa adanya karakter yang baik, maka seseorang akan melakukan segala sesuatu dengan kehendak sendiri tanpa peduli dengan kepentingan orang lain. Bahkan berbagai macam aturan juga cenderung untuk diabaikan. Orang yang tidak berkarakter juga cenderung untuk tidak bisa membedakan antara yang benar dengan yang salah.

Menurut beberapa pakar, Indonesia sekarang sedang darurat moral (krisis moral), karena karakter sudah mulai diabaikan. Mengingat begitu pentingnya pembentukan karakter bagi generasi penerus bangsa, maka dosen dari STKIP PGRI Sumatera Barat, yang terdiri dari Yenita Yatim, S.Sos., M.Pd., Budi Juliardi, SH., M.Pd., Yuherman, S.P., M.Pd., dan Ranti Nazmi, M.Pd., serta seorang mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan ini, Lira Suryani, melakukan edukasi kepada siswa SMA N 2 Sipora mengenai cara membentuk karakter pada remaja. Sistem yang digunakan dalam kegiatan ini adalah workshop dan dilanjutkan dengan diskusi.

Kepala Sekolah SMA N 2 Sipora, Bisronel, menyambut baik kegiatan ini. Bahkan Bisronel meminta kesediaan pihak dosen STKIP PGRI Sumatera Barat agar rutin melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini di sekolah yang dipimpinnya setiap semester. (***)

LEAVE A REPLY