Beranda BERITA TERBARU PEMBINA PRAMUKA MERUPAKAN UJUNG TOMBAK PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA, WALIKOTA PADANG MENGUKUHKAN...

PEMBINA PRAMUKA MERUPAKAN UJUNG TOMBAK PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA, WALIKOTA PADANG MENGUKUHKAN PEMBINA LULUSAN MAHIR LANJUTAN

634
0
BERBAGI

PADANG (MAKLUMAT NEWS). Pramuka merupakan garda terdepan dalam pembentukan kader pembangunan bangsa sebagaimana diamanahkan oleh para pejuang terdahulu, dan peran Pembina Pramuka sangat strategis dalam mempersiapkan dan membina anak-anak kader pembangunan bangsa ini. Oleh karena itu, beban dan tanggungjawab terhadap pendidikan bagi generasi muda bangsa yang dihimpun didalam wadah pendidikan kepramukaan ini tidak terlepas dari guru sekaligus Pembina Pramuka di masing-masing gugusdepan sekolah. Apalagi tugas dan tanggungjawab membina Pramuka itu melekat dengan dengan jabatan guru sebagaimana perintah dari Permendikbud nomor 63 tahun 2014 tentang Pramuka sebagai ektra kurikuler wajib di semua tingkat sekolah. Demikian disampaikan oleh Walikota Padang selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kota Padang, H Mahyeldi Ansyarullah, dalam rangka pengukuhan Pembina Pramuka Mahir tingkat Lanjutan di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang, Rabu 2 November 2016.

Pengukuhan Pembina Pramuka Mahir ini berlangsung hikmat dengan pengucapan janji Tri Satya Pramuka yang dipandu oleh Walikota dan diikuti oleh semua Pembina yang dikukuhkan. Setelah pengucapan janji, semua Pembina mengucapkan ikrar baktinya untuk mengabdikan diri kepada bangsa dan negara melalui pendidikan kepramukaan di gugusdepan sekolah masing-masing sebagaimana ketentuan yang berlaku.

Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padang, Drs H Tamrizal Datuk Gadang, menyebutkan pengukuhan ini diikuti oleh 120 orang Pembina Pramuka yang telah selesai mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Lanjutan (KML) yang diselenggarakan pada tanggal 18-24  Januari 2016 lalu. Pembina yang dilantik ini terdiri dari masing-masingnya 40 orang dari Pembina Mahir golongan Siaga, Penggalang dan Penegak. Mereka berasal dari guru di berbagai tingkatan sekolah termasuk perguruan tinggi di Kota Padang.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat yang juga hadir pada acara ini, Dr Adzanil Prima Septy, menjelaskan bahwa pengukuhan peserta KML sebagai Pembina Pramuka ini baru dapat dilakukan setelah Pembina yang bersangkutan menyelesaikan kegiatan narakarya 2 atau masa pengembangan sekurang-kurangnya 6 bulan semenjak menyelesaikan KML. Narakarya 2 atau masa pengembangan ini merupakan bagian penting dari proses memantapkan diri sebagai seorang Pembina Pramuka di lapangan dibawah pengawasan dan pembinaan para pelatih. Hal ini penting karena kita ingin mengedepankan kualitas Pembina yang mampu dalam melaksanakan tugas pembinaannya bagi anak-aanak bangsa daripada mengejar kuantitas. Memang saat ini kita membutuhkan jumlah tenaga Pembina yang cukup banyak, namun disi lain kita tidak bisa pula mengenyampingkan kualitas, tambah Adzanil yang juga pelatih senior pada Pusdiklat Kwarcab Kota Padang.

Selesai mengukuhkan, Walikota Padang menyematkan atribut kelengkapan bagi perwakilan Pembina yang terdiri dari tanda jabatan Pembina, ijazah KML, selendang dan pita mahir secara simbolis kepada perwakilan Pembina dari masing-masing golongan, serta diikuti dengan pemasangan atribut bagi semua Pembina oleh Kepala Pusdiklat Pramuka Kwartir Cabang Kota Padang Dra. Titik Susiani, M.Pd. dan Wakil Ketua Kwartir Cabang Kota Padang Drs. Bambang Sutrisno, M.Pd. Acara pengukuhan diakhiri dengan doa dan foto bersama (*Son)

LEAVE A REPLY