Beranda BERITA TERBARU Pemilihan Duta Budaya Payakumbuh Segera di Gelar

Pemilihan Duta Budaya Payakumbuh Segera di Gelar

480
0
BERBAGI

PAYAKUMBUH-maklumatnews.net-Pemerintah Kota Payakumbuh akan menggelar pemilihan Duta Budaya Minang Kota Payakumbuh pada, Selasa, (27/3/2018) pekan depan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Payakumbuh, Elfriza Zaharman mengatakan, Duta Budaya Minang Kota Payakumbuh nyaris sama dengan pemilihan Uda dan Uni. Hanya saja, Duta Budaya lebih fokus kepada pemahaman soal budaya lokal, karakter, selain intelegensi peserta dan kemampuan.

Menurut Elfriza Zaharman, pemilihan Duta Budaya minang Kota Payakumbuh 2018 ini, akan diikuti oleh perwakilan dari anak nagari/SLTA Se-Kota Payakumbuh dan mahasiswa. Sementara untuk pendaftaran sudah dilaksakan mulai dari tanggal 5 sampai dengan tanggal 23 maret 2018″.
Makin banyak pesertanya, kian terseleksi pemenang Duta Budaya minang Kota Payakumbuh ini, kata Elfriza Zaharman.”

“Dan untuk usia peserta berkisar antara 15-25 tahun, dan tinggi badan 172 cm buat lelaki dan 165 cm untuk wanita dan belum menikah serta memiliki KTP Payakumbuh,” sambungnya.

Sebelum tampil di “Penobatan Duta Budaya Minang”, para peserta akan menjalani pembekalan dan masa karantina di Kantor Dinas pariwisata pemuda dan olah raga Medan nan bapaneh Ngalau indah kota Payakumbuh mulai dari tanggal 26-27 maret 2018. Calon duta budaya minang Kota Payakumbuh akan dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan, budaya alam Minangkabau.

Narasumbernya dari Tokoh Adat, Budayawan, Bundo Kanduang, serta Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi.

Sementara, penilaian yang akan dilakukan dewan juri pemilihan Duta Budaya minang Kota Payakumbuh yaitu meliput dari pengetahuan terhadap adat dan budaya minang yang meliputi Agama, Bahasa, Masakan, Kesenian, Tari, dan lain lain. (FS)

LEAVE A REPLY