Beranda BERITA TERBARU Pemuda Piladang Sukses Gelar Festival Lagu Minang Tingkat Provinsi Sumbar

Pemuda Piladang Sukses Gelar Festival Lagu Minang Tingkat Provinsi Sumbar

647
0
BERBAGI

Limapuluh Kota -maklumatnews.net- Ribuan pasang mata masyarakat yang sedang melewati ataupun singgah di jalan Raya Payakumbuh-Bukittinggi tertuju pada pentas yang ada di pelataran parkir pasar Piladang, ketika di lihat lebih dekat ternyata ada Piladang Voice Minang Festival Solo Song tingkat Sumatera Barat yang di gelar di Pasar Piladang itu selama 2 hari, Sabtu dan Minggu 26 s/d 27 Januari 2019.

Lomba yang langsung dibuka oleh Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi pada hari pertama, dan pada hari kedua yang merupakan babak finalnya juga dihadiri oleh Bupati sebagai bentuk support seorang Kepala Daerah kepada semangat pemuda-pemudinya, rencananya penyerahan hadiah pada peserta yang meraih juara dalam Lomba yang diikuti 111 orang peserta, dilaksanakan dengan Bupati juga.

Kepala Jorong Piladang Suryadi Pradinata, S.Si mengatakan acara Piladang Voice Minang Festival Solo Song yang berlangsung meriah ini pada awalnya dirancang selama 3 bulan oleh Pemuda-Pemudi Piladang bersama dukungan penuhnya sebagai Kepala Jorong, tujuannya adalah untuk melestarikan adat budaya minangkabau kepada generasi muda, khususnya di Sumatera Barat dan ternyata bak gayung bersambut acara ini mampu menggaet lebih dari 100 peserta.

“Selaku Kepala Jorong saya sangat mendukung dan bersyukur, bagaimana Jorong Piladang mampu maju dengan kegiatan-kegiatan positif yang mampu mengubah pola pikir negatif masyarakat, ada Walinagari, Camat, bahkan Bupati juga ikut mensupport acara ini, dukungan juga kita peroleh dari Putra Daerah yang menjadi Dosen di ISI Padang Panjang, untuk sumber dana acara kita melayangkan proposal dan juga melibatkan sponsor, tanpa adanya embel-embel politik karena mengingat sekarang lagi banyak kampanye caleg,” ujar Suryadi.

Kepala Jorong Piladang Suryadi Pradinata, S.Si

“Bahkan dengan adanya festival ini di pasar piladang, kesejahteraan masyarakat kita terlihat dari banyaknya pengunjung yang berbelanja disekitar lokasi acara,” ujar Kepala Jorong.

Ketua Pemuda Nofiriadi didampingi Irfan dan Adril selaku Panitia acara kepada wartawan menyebutkan harapannya kepada pemuda Jorong lainnya yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota agar ikut serta melestarikan budaya minangkabau di tempatnya agar tidak tenggelam oleh arus zaman yang semakin berkembang pesat.

“Kita ingin pemuda di zaman sekarang tidak hanya melek teknologi saja, namun juga tetap melek terhadap budayanya, karena itulah jati diri dari kita sebagai Orang Minang,” ujarnya.

“Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan sehingga kegiatan ini bisa digelar dan kita juga berharap dukungan penuh instansi-terkait di Kabupaten Limapuluh Kota, agar kegiatan yang digelar ini dapat menjadi agenda tiap tahun yang dilaksanakan di Jorong Piladang Nagari Koto Tangah Batu Ampa,” ujarnya.

Panitia Acara bersama Kepala Jorong, Kadisparpora, Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota Nengsih, M.Pd mengapresiasi pemuda-pemudi Piladang yang berhasil menggelar kegiatan yang mampu menggali potensi generasi muda sekaligus festival ini juga akan mampu mengindarkan diri dari hal-hal negatif.

“Ini lah pemuda-pemudi hebat, untuk tingkat provinsi Sumbar bisa melaksanakan iven ini, luar biasa. Bupati melalui dinas Pariwisata akan memberikan support yang sangat luar biasa atas hal ini,” ujarnya.

Nengsih juga menyebutkan nantinya untuk menampilkan kegiatan serupa dengan membawa nilai destinasi wisata, pihaknya akan bekerjasama dengan Wisata Bukit Kelinci, dan pemuda Piladang bisa mampu menyalurkan bakat-bakat generasi muda.

“Kapan lagi kita lestarikan dan promosikan budaya kita kepada dunia luar? dengan melakukan penjaringan kepada apa yang akan kita jual nanti, ya dengan lomba seperti ini kita mampu menggali potensi seni SDM yang ada di daerah, pemuda seperti ini yang kita mau,” ujarnya.

“Melalui hal-hal seperti ini lah kita bisa melihat pemuda-pemuda pelopor yang mampu melestarikan seni budaya kita di Sumatera Barat, khususnya pemuda kita di Kabupaten Limapuluh Kota, jadikan ini iven rutin, karena ada piala bergilir dari Bupati, maka tahun depan harus ada iven selanjutnya yang digelar di Jorong Piladang, dan Disparpora siap untuk mendukung pelaksanaannya nanti,” pungkas Nengsih menambahkan. (FS)

LEAVE A REPLY