Beranda BERITA TERBARU Pendidikan Pramuka Harus Siapkan Peserta Didik Berdaya Saing Tinggi, MUCAB Pramuka Kab....

Pendidikan Pramuka Harus Siapkan Peserta Didik Berdaya Saing Tinggi, MUCAB Pramuka Kab. Tanah Datar Digelar

617
0
BERBAGI

BATUSANGKAR (MAKLUMAT NEWS). Pembinaan Pramuka bagi kaum mudah bangsa perlu ditekankan pada dua sisi, yaitu pengembangan keterampilan (kompetensi) praktis dan pembentukan karakter bangsa. Kedua hal ini harus sejalan karena hal ini merupakan problematika pada kaum muda kita akhir-akhir ini. Penekanan pada kedua hal ini penting dalam rangka mempersiapkan mereka agar memiliki daya saing tinggi di zaman ini. Apabila kita mengabaikannya niscaya kita akan memiliki generasi muda yang lemah dan tidak siap dalam memasuki kompetensi hidup. Pendidikan formal di sekolah saja belum lah cukup dalam mendidik dan membina serta mempersiapkan kaum muda kita. Pendidikan melalui jalur kepramukaan juga sangat strategis untuk mempersiapkan mereka menjadi generasi yang tangguh di lapangan. Demikian disampaikan oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat, Dr. Adzanil Prima Septy, pada sambutan pembukaan Musyawarah Cabang (Mucab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Datar, Sabtu 12 Novemver 2016 di aula Kantor Bupati Pagaruyung Batusangkar.

Lebih jauh disampaikan Adzanil, dilema dalam penyelenggaraan pendidikan pramuka yang dirasakan saat ini adalah kecukupan jumlah dan mutu tenaga pendidik pramuka, dalam hal ini tenaga Pembina Pramuka. Sehingga hal itu perlu menjadi prioritas kita di dalam penyusunan program kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Datar di masa mendatang. Untuk meningkatkan jumlah dan mutu tenaga Pembina tersebut, maka pengurus kwartir perlu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, terutama dengan pemerintah daerah dan DPRD setempat, sehingga penyelenggaraan kegiatan pramuka mendapatkan dukungan terutama finansial, di samping tetap mengupayakan sumber-sumber lain yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Terlebih lagi, penyelenggaraan pendidikan pramuka saat ini berpedoman kepada Undang-undang nomor 12 tahun 2010. Maka penyelenggaraan pendidikan pramuka menjadi tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat, tambah Adzanil.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Adzanil menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada kak Drs. H. Aulizul Syuib, M.Si. atau lebih akrab dipanggil kak Cun yang telah berhasil memimpin Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tanah Datar selama dua periode berturut-turut. Kepemimpinan Kak Cun telah membawa Pramuka Tanah Datar dikenal dengan baik pada tingkat nasional dan bahkan internasional. Beberapa prestasi kak Cun selama memimpin Kwarcab Tanah Datar yang patut dicatat, diantaranya menjadikan Kwarcab Tanah Datar sebagai salah satu kwarcab tergiat di Sumatera Barat dan beberapa kali berturut-turut mendapatkan penghargaan tergiat tersebut. Juga Kwarcab Tanah Datar tercatat telah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan pertemuan pramuka serumpun dengan pengakap (pramuka, red) dari negeri jiran Malaysia.

Juga Kwarcab Tanah Datar telah menyelenggarakan berbagai kegiatan pembinaan bagi pramuka di lingkungan Kabupaten Tanah Datar sendiri baik untuk peserta didik maupun anggota dewasa, Pembina dan Pelatih. Baru-baru ini Kwarcab Tanah Datar juga telah mengukuhkan sebanyak 83 orang pramuka garuda (pramuka teladan berprestasi tinggi –red), yang merupakan capai tertinggi di dalam sistim pendidikan pramuka.

Pada kesempatan itu, Adzanil juga menginformasikan berbagai kegiatan Pramuka yang akan diselenggarakan baik pada tinggkat daerah maupun nasional pada tahun 2017, antara lain Lomba Tingkat IV bagi Pramuka Penggalang dan Lomba Tingkat V, Raimuna Nasional untuk Pramuka Penegak dan Pandega.

Musyawarah Cabang (Mucab) Gerakan Pramuka Tanah Datar ini dibuka oleh Wakil Bupati, Zuldafri Darma. Dalam sambutannya, Zuldafri menekan akan pentingnya penanaman moral dan mental remaja Kabupaten Tanah Datar dengan berbagai aktivitas yang menarik dan menantang serta menyenangkan. Oleh karena itu, volume kegiatan pramuka perlu ditingkatkan di masa mendatang, tambah Zuldafri.

Mucab Tanah Datar dihadiri oleh utusan semua Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka tingkat Kecamatan se Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 14 kecamatan. Utusan masing-masing kwarran sebanyak 7 orang yang terdiri dari unsur Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) dan Pengurus Kwarran.

Mucab Pramuka Tanah Datar terselenggara dengan sukses dengan terpilihnya Anton Yondra, S.E. secara aklamasi sebagai Ketua yang baru. Anton merupakan salah satu kader pramuka yang ketika masa mudanya pernah menjadi pengurus Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab Tanah Datar. Saat ini Anton adalah Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar. Hal ini membuktikan bahwa Gerakan Pramuka merupakan wadah pendidikan dan kaderisasi calon pemimpin bangsa di masa mendatang (*Son).

LEAVE A REPLY