Beranda BERITA TERBARU Pengamat: Status Siaga Satu Antisipasi Potensi Gangguan Kamtibnas

Pengamat: Status Siaga Satu Antisipasi Potensi Gangguan Kamtibnas

305
0
BERBAGI

JAKARTA-MAKLUMAT NEWS.net

Pengamat militer dan intelijen, Susaningtyas Kertopati angkat bicara soal langkah Polri melalui Korps Brimob terkait surat Nomor: R/Rekon/101/1/2016 tanggal 16 Januari 2016 tentang Menghadapi Kontijensi Sosial tahun 2016.

Dalam surat tersebut, menerangkan dalam rangka antisipasi gangguan kamtibnas di seluruh wilayah Indonesia dan mengantisipasi perkembangan situasi di lapangan, maka perlu dinyatakan siaga satu.

Perempuan yang akrab disapa Nuning mengatakan, tidak ada variabel khusus untuk mengukur status siaga satu. Status tersebut, kata Nuning, ditentukan berdasarkan perkiraan keadaan dan deteksi dini.

“Tak ada determinant factor, karena fluktuasi keadaan embrio bisa sama bisa berbeda,” kata Nuning saat dihubungi Sindonews, Sabtu (29/10/2016).

Nuning menuturkan, kondisi di lapangan belakangan ini khususnya terkait SARA cenderung rawan dan mengkhawatirkan. Kondisi demikian dikhawatirkan akan mengganggu kamtibmas dan bisa menyulut disorganisasi dalam masyarakat.

Untuk mengurai potensi disorganisasi dalam masyarakat, Nuning menyerukan agar tokoh-tokoh adat, masyarakat hingga agama ikut serta berperan.

Sementara itu, terkait surat edaran yang menyebutkan status siaga satu, Nuning yakin Mabes Polri telah melakukan deteksi dini untuk menentukan status tersebut.

“Semua diberlakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan,” kata Nuning.

 

sindonews
(whb)

LEAVE A REPLY