Beranda BERITA TERBARU Pengawasan Peredaran Pangan Di Bulan Ramadhan, Komisi IX DPR RI Apresiasi Kinerja...

Pengawasan Peredaran Pangan Di Bulan Ramadhan, Komisi IX DPR RI Apresiasi Kinerja BPOM Padang.

410
0
BERBAGI

SUMBAR-maklumatnews.net–Ketua Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) H.Dede Yusuf M.Effendi berserta rombongan turun ke Ranah Minang dalam rangka kunjungan kerja (kungker), dengan agenda “Kunjungan Kerja Spesifik Pengawasan Pangan Beredar di Bulan Ramadhan dan Menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah di Provinsi Sumatera Barat”.

Setelah melakukan rapat koordinasi di kantor BPOM Padang (jumat 9/6), Tim Kunjungan Kerja Komisi IX yang di pimpin H.Dede Yusuf berserta jajaran BPOM Padang yang dipimpin Drs.Zulkifli.Apt, berserta Wakil Gubernur Sumbar H.Nasrul Abid, juga turut hadir Jajaran Dinas Kesehatan Prov Sumbar dan segenab rombongan Dinas Pemkot Padang yang hadir lansung melakukan sidak di Pasar Alai, Kecamatan Padang Utara Kota Padang Sumatera Barat.

Tinjauan tersebut adalah dalam rangka memantau pelaksanaan fungsi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dalam melakukan pengawasan terhadap makanan dan minuman olahan yang dijual pedagang di pasar – pasar tradisional. Selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana kesadaran pedagang dalam menggunakan bahan campuran dalam makanan yang dijualnya.

Saat sidak di lapangan, kepada media Dede Yusuf mengatakan “Kunjungan ini adalah dalam rangka memantau pelaksanaan fungsi BPOM dalam melakukan pengawasan terhadap makanan dan minuman di pasar tradisional, sekaligus untuk mengetahui sejauh mana kesadaran masyarakat pedagang terhadap bahan campuran makanan olahan yang digunakan” ungkapnya.

Lebih lanjut Dede menambahkan “Untuk mengefektifkan fungsi pengawasan di pasar tradisional, Komisi IX DPR RI menganjurkan agar BPOM Padang merekrut relawan-relawan pemantau, bisa saja dari kalangan mahasiswa, organisasi sosial kemasyarakatan atau organisasi kepemudaan lainnya”.

“Sejauh ini Komisi IX sangat mengapresiasi kinerja BPOM Padang yang sangat tegas dalam menjalankan fungsinya sebagai badan pengawasan, tindakan tegas bagi pelaku akan memberikan efek jera dan menjadi garis kejut bagi yang lainnya, sehingga ke depan tidak terulang kembali, tutur Dede.

Kepala BPOM Padang  Drs. Zulkifli, Apt. menjelaskan “pengawasan yang dilakukan BPOM Padang untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat saat mengkonsumsi ragam makanan, minuman, suplemen, obat-obatan dan jamu-jamuan hingga kosmetik dan parsel yang dijual pedagang, terangnya.

Lebih lanjut Zulkifli menyampaikan “Di bulan Ramadhan hingga lebaran nanti, perputaran produk-produk ini sangat tinggi di pasaran, Untuk itu pihaknya akan terus melakukan pengawasan di wilayah Sumbar ini, agar ruang gerak produsen-produsen nakal semakin sempit”

“Pengawasan yang di lakukan BPOM Padang tidak hanya terfokus pada makanan untuk hidangan pabukoan saja, namun juga pada produk-produk lainnya yang mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan masyarakat, dan kami selalu menindak tegas terhadap temuan-temuan yang ada”, terang Zulkifli. (deni)

LEAVE A REPLY