Beranda BERITA TERBARU Pengurus Baru PMI Kecamatan Se-Kota Padang Dilantik

Pengurus Baru PMI Kecamatan Se-Kota Padang Dilantik

341
0
BERBAGI

PADANG-MAKLUMATnews.net

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo melantik pengurus baru PMI Kecamatan se-Kota Padang untuk masa bakti 2016-2021 di Palanta Rumah Dinas Walikota, Selasa (4/10).

Mahyeldi berharap, PMI Kota Padang akan semakin matang dalam melaksanakan kegiatan kemanusiaan seiring telah memasuki usia ke- 71 pada September lalu. Baik matang dalam menghadapi berbagai peristiwa, kebencanaan, konflik sampai masalah sosial di Indonesia khususnya Kota Padang.

“Berbagai kegiatan kemanusiaan terus dilakukan PMI demi meringankan beban dan penderitaan masyarakat. Baik dalam merespon bencana, upaya-upaya terhadap pengurangan resiko bencana, serta pemberdayaan masyarakat. Dimana terutama sekali melalui upaya peningkatan penyediaan stok darah melalui kegiatan donor darah,” sebut Mahyeldi kepada wartawan usai pelantikan.

Walikota Padang itu melanjutkan, tugas-tugas yang dihadapi tersebut diakui sulit dilakukan jika penguatan kapasitas PMI di bidang kelembagaan dan sumber daya manusia (SDM) tidak ditingkatkan. Maka itu, keberadaan PMI Kecamatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, diharapkan dapat memegang peranan penting sebagai pelaksana kebijakan PMI di tingkat kecamatan hingga ke tingkat paling bawah.

“Kami menyadari, bahwa PMI Kota Padang memiliki keterbatasan akses untuk mampu memberikan pelayanan sampai ke level terendah. Oleh karenanya, diperlukan kepengurusan PMI di tingkat kecamatan yang diharapkan menjadi ujung tombak dalam memberikan pelayanan sesuai tugas, peran dan fungsi PMI bagi masyarakat,” ucapnya.

Dijelaskan Mahyeldi, melihat Kota Padang termasuk daerah rawan bencana atau sebagai etalase bencana, tentu tidak diinginkan adanya kerugian apalagi korban jiwa. Melalui peranan PMI Kecamatan, sangat diharapkan bisa memberikan pertolongan pertama dengan cepat sehingga mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bagi masyarakat.

“Saya berharap, pengurus PMI Kecamatan dapat menjalin kerja sama dan sinergisitas yang baik dengan seluruh instansi dan organisasi lainnya. Sehingga, tugas-tugas pelayanan untuk masyarakat dapat dilaksanakan secara terkoordinir, terarah dan terpadu. Selamat kepada para pengurus PMI Kecamatan yang baru dilantik. Semoga kita semua dapat menjalankan tugas, peran dan fungsi dengan baik,” ucap Mahyeldi mengakhiri. (David/Faisal/Bustam)

LEAVE A REPLY