Beranda BERITA TERBARU Peringati HPSN, Pemko Payakumbuh Gelar Senam Bersama

Peringati HPSN, Pemko Payakumbuh Gelar Senam Bersama

336
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN ) diperingati setiap tanggal 21 Februari. Sedikit terundur, Pemerintah Kota Payakumbuh turut memperingatinya melalui rangkaian kegiatan senam bersama. Acara dihelat di halaman Balaikota Payakumbuh, Kamis (28/02).

Kegiatan dihadiri Walikota Payakumbuh diwakili Sekda Rida Ananda dan para asisten. Turut hadir unsur Forkopimda, pimpinan BUMN/D, pimpinan OPD dan ratusan ASN. Acara diselingi dengan pemberian penghargaan kelurahan bersih dan hijau kepada beberapa kelurahan terbaik.

Dalam sambutan, walikota melalui Sekda Rida Ananda mengatakan untuk mendukung program pengolahan sampah, Pemerintah Kota telah menerbitkan Peraturan Walikota Nomor 89 Tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi pengolahan sampah rumah tangga dan sejenisnya.

Dikatakan, indikator utama dalam kebijakan tersebut adalah penurunan timbunan sampah di sumbernya dan penurunan jumlah sampah terbuang di lingkungan.

“Mari kita jadikan peringatan HPSN tahun ini sebagai momentum untuk mengelola sampah lebih baik, hidup lebih bersih, sehat, dan bernilai. Apalagi kita Kota Adipura, mari jaga agar tetap bersih,” ajak Rida

Rida berharap seluruh komponen bersinergi dan bertanggung jawab terhadap sampah.

“Jangan jadikan masalah mengurus sampah ini tanggung jawab Dinas Lingkungan Hidup semata. Ini tanggungjawab kita bersama, paling tidak kita jaga diri dan lingkungan dari prilaku buang sampah sembarangan,” tukas Rida.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dafrul Pasi dalam laporan mengatakan telah mengadakan sosialisasi dan edukasi terhadap masyarakat untuk berperan aktif dalam pengelolaan sampah.

“InsyaAllah, target pengolahan sampah dapat terlaksana dengan baik dan benar 100% pada tahun 2025, sekarang kita sedang bersiap menuju kearah sana,” ujar Dafrul

Ditambahkan, “Rangkaian kegiatan HPSN yang sudah dilaksanakan sebelum ini adalah Goro bersama di beberapa kelurahan, kerja sama dengan sekolah-sekolah dalam pengelolaan sampah di sekolah seperti pencacahan sampah plastik dan lain sebagainya,” tambah Dafrul.

Acara diakhiri dengan penyerahan penghargaan kelurahan bersih dan hijau. Juara pertama diraih Kelurahan Koto Tuo Limo Kampuang Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Kemudian, juara kedua, Kelurahan Koto tangah  Kecamatan Payakumbuh Barat dan juara ketiga diraih Kelurahan Kapalo Koto Dibalai Kecamatan Payakumbuh Utara. (Rel/FS)

LEAVE A REPLY