Beranda BERITA TERBARU Perkuat Wawasan Kebangsaan, Sekolah Jadi Sasaran Prajurit TNI Dalam TMMD ke -106...

Perkuat Wawasan Kebangsaan, Sekolah Jadi Sasaran Prajurit TNI Dalam TMMD ke -106 Situjuah

300
0
BERBAGI

Limapuluh Kota -maklumatnews.net Beragam kegiatan mengisi TMMD ke 106 di wilayah teritorial Komando Distrik Militer 0306/50 Kota. Tak hanya kegiatan fisik saja, melainkan pembinaan terhadap mental masyarakat juga dilakukan prajurit berpakaian loreng tersebut.

Bahkan, sekolah pun jadi sasaran TNI dalam menumbuhkan mental dan wawasan kebangsaan. Sosialisasi pembinaan wawasan kebangsaan guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat kebhinekaan seperti yang dilakukan di SMA 1 Situjuah di Limo Nagari pada Kamis (17/10) pagi.

Adapun materi yang diberikan ke para siswa, wawasan kebangsaan, wawasan nusantara, keamanan dan ketertiban masyarakat. Pemateri wawasan kebangsaan dibawakan oleh Kapten Czi Alseprizal menyampaikan perihal cinta tanah air.

“Selain itu, kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemauan dan kemampuan bela negara,” paparnya. Materi wawasan nusantara oleh Serma Joko mengatakan perihal Bhinneka Tunggal Ika. “Termasuk Pancasila yang merupakan empat pilar dari bangsa Indonesia menuju Indonesia kuat dan bermartabat,” katanya.

Sedangkan keamanan dan keteriban masyarakat (Kamtibmas) oleh Ipda Hafinah menjelaskan, pengertian Kamtibmas menurut Undang-Undang (UU) Polri Nomor 2/2002 adalah Kamtibmas suatu kondisi dinamis masyarakat.

“Hal itu sebagai salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan nasional menuju tujuan nasional. Perkataan aman mengandung arti bebas gari gangguan fisik dan psikis, bebas dari kekhawatiran, terlindung dari segala bahaya dan damai lahiriah dan batiniah,” jelasnya.

Dari kegiatan ini, siswa penuh dengan antusias untuk mendengar setiap presentase yang disampaikan dan Kepala Sekolah (Kepsek) mengucapkan terimakasih Kami ucapkan terimaksih atas kegiatan ini yang merupakan modal dasar bagi siswa SMA 1 Situjuah,” ucapnya. (Rel/FS)

LEAVE A REPLY