Beranda BERITA TERBARU Pertengahan Agustus, Korut Ancam Hujani Guam dengan Rudal

Pertengahan Agustus, Korut Ancam Hujani Guam dengan Rudal

302
0
BERBAGI

SEOUL-maklumatnews.net–  Media pemerintah Korea Utara (Korut) melaporkan Pyongyang akan mengambil tindakan militer yang menargetkan Guam, bagian barat wilayah Pasifik Amerika Serikat (AS). Guam adalag rumah bagi fasilitas Angkatan Udara dan Angkatan Laut AS yang cukup besar.

Laporan itu mengutip pernyataan pemimpin pasukan Strategis Angkatan Darat Korut, Jenderal Kim Rak-gyom. Gyom mengatakan Korut akan menyelesaikan sebuah rencana pada pertengahan Agustus untuk menembakkan empat rudal jarak menengah yang dikenal sebagai roket Hwasong-12 ke arah pulau tersebut. Setelah melewati Jepang, mereka diperkirakan akan mendarat di perairan 30 sampai 40 kilometer dari pantai Guam.

“Rencana itu, tidak biasanya diungkapkan dengan detail, akan disampaikan ke pemimpin Korut Kim Jong-un dan menunggu perintahnya,” kata Jenderal Gyom seperti disadur VOAdari KCNA, Kamis (10/8/2017).

Guam adalah rumah bagi sekitar 163.000 orang, 7.000 di antaranya adalah personil militer A.S.

Pernyataan Jenderal Gyom merupakan jawaban terakhir dalam perang retorika yang begitu cepat dan berpotensi mematikan antara Pyongyang dan Washington.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Jim Mattis mengatakan Korut mempertaruhkan sebuah kehancuran jika memulai perang, dan dia mengatakan kepada Pyongyang bahwa pihaknya harus mengakhiri perburuan persenjataan nuklirnya.

sindonews
(ian)

LEAVE A REPLY