Beranda DPRD KOTA PADANG Perubahan APBD Sumbar Yang Perlu Disikapi penundaan DAU Sebesar Rp228 M

Perubahan APBD Sumbar Yang Perlu Disikapi penundaan DAU Sebesar Rp228 M

311
0
BERBAGI

PADANG-(MAKLUMATNEWS.NET)–DPRD Sumatera Barat menetapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Sumbar tahun 2016 sebesarRp4,881 triliun, atau naik sebesarRp106 miliar dari APBD yang ditetapkan sebelumnya sebesarRp4,774 triliun.

DPRD Sumbar menyetujui APBD Perubahan 2016 yang diajukan Gubernur Sumbar pada 31 Agustus 2016, dan telah melalui proses pembahasan panjang,” kata Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim pada rapat paripurna penetapan dan pengesahan APBD-P Sumbar 2016 Jumat.(16/9)

Ketua DPRD Sumbar Ir.H. Hendra Irwan Rahim ,MM mengatakan perubahan APBD dapat dilakukan apabila terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi Kebijakan Umum Anggaran, keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antarunit organisasi, dan beberapa hal lainnya.

Hendra menjelaskan Perubahan APBD Sumbar, terdapat beberapa hal yang perlu disikapi di antaranya adanya penundaan Dana Alokasi Umum (DAU) Provinsi Sumbar untuk empat bulan ke depan dengan nilai sebesar Rp228 miliar.

Rincian dari kenaikan APBD perubahan 2016 tersebut, kata dia, dari sisi belanja daerah terjadi peningkatan dari Rp4,774 triliun menjadi Rp4,806 triliun.

Dimana dan tersebut akan dialokasikan untuk belanja tidak langsung sebesar Rp2,672 triliun yaitu untuk belanja pegawai, bantuan hibah, dan bantuan keuangan kepada kabupaten dan kota.

Sedangkan belanja langsung sebesar Rp2,133 triliun digunakan untuk kegiatan yang akan diusulkan Satuan Kerja Perangkat Daerah serta melihat kegiatan yang masih mungkin dilakukan
Lebih lanjut pada pembiayaan daerah terjadi peningkatan dari Rp50 miliar menjadi Rp75 miliar.
Dengan selesainya pembahasan kebijakan perubahan APBD melalui KUPA PPAS, maka tahapan pembahasan APBD-P sudah mulai berjalan. DPRD akan berupaya maksimal untuk menuntaskan pembahasan agar target penggunaan anggaran perubahan pada awal Oktober bisa terealisasi.

“Upaya maksimal akan dilakukan membahas perubahan APBD sehingga pada awal Oktober anggaran sudah bisa dibelanjakan,” lanjutnya.

APBD-P Sumatera Barat tahun 2016 diperkirakan akan mencapai Rp4,8 triliun, naik dari APBD awal yang sebesar Rp4,5 triliun lebih. Menyikapi penundaan DAU oleh pemerintah pusat, Hendra menyebut akan menutupinya dengan Sisa Lebih Penghitungan Anggaran (Silpa) dan melakukan efisiensi terhadap beberapa item kegiatan.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sekretaris Provinsi Sumbar, Devi Kurnia mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak DPRD Sumbar yang sudah menyetujui APBD Perubahan 2016 . (tn/H)

 

LEAVE A REPLY