Beranda DAERAH Pesona Wisata Sampuran Sorosah

Pesona Wisata Sampuran Sorosah

444
0
BERBAGI

Satu lagi Destinasi Wisata Air Terjun yang tersembunyi di Alam Pasaman. Air Terjun atau biasa disebut Sampuran Sorosah itu berada di Serasah Jorong Air Mancur Nagari Cubadak Kecamatan Duo Koto Pasaman Sumatera Barat.

Destinasi Wisata Air Terjun Sorosah ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun belum begitu banyak pengunjungnya. Penyebab utamanya adalah akses jalan yang belum memadai, hanya inisiatif masyarakat setempat membuat jalur jalan seadanya. Inilah yang sudah berkali-kali disampaikan oleh masyarakat setempat ke pihak pemerintah, namun sampai saat ini belum ada responnya.

Akses menuju lokasi berjarak 57 Km dari pusat Kota Lubuk Sikaping atau lebih kurang 2 jam perjalanan untuk sampai di tempat. Bisa juga melalui rute Pasaman Barat lebih kurang 3 jam perjalanan dari pusat Kota Simpang Empat.

Sesampainya di Pasar Cubadak, anda boleh memilih jalur ke lokasi. Pada simpang katapel pasar cubadak, belok kiri berarti memilih jalur Serasah Jorong Air Mancur, sedangkan belok kanan kita lewat jalur Kampung Betung Jorong Hulu Pasaman.

Transportasi paling pas digunakan untuk sampai di lokasi adalah Sepeda Motor, berhubung jalan setapak. Namun bagi yang memiliki Transportasi roda empat juga tidak masalah, nanti bisa parkir di kampung Serasah. Masalah keamanan terjamin, sebab masyarakat setempat sangat ramah dan sopan. Bahkan pemuda setempat siap mendampingi pengunjung sebagai pemandunya, tidak berimbalan jika pengunjung memintanya tanpa dibayar.

Sesampainya di Kampung Serasah Jorong Air Mancur, kemudian berjalan kaki melewati Rumah dan menyusuri pematang Sawah sekitar 150 M. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan area persawahan yang asri dan sejuk.

Tidak sampai disitu bagi anda yang berminat mengunjungi Objek Wisata ini, akan ditantang dengan turunan jalan yang curam sekitar 30 M menuju Batang Sungai Air Terjun tersebut.

Bagi anda yang suka berpetualang sangat cocok mengunjungi tempat ini, disamping menikmati keindahan alamnya anda juga bisa berwisata ria sambil mandi dan makan-makan.

Sebelum pulang tidak lengkap rasanya perjalan wisata, jika tidak mencicipi manisnya buah Salak khas Cubadak. Sambil jalan pulang kita bisa mampir di Kampung Banjar Lawas atau Banjar Loeh biasa disebut masyarakat setempat. Harga yang murah, rasa yang manis itulah simbolnya. Di Kampung Banjar Lawas itu juga ada Madu Asli yang dikelola oleh Pemuda setempat. Keaslian Madu sangat terjamin, karena sumber lebahnya ada di Pohon Beringin besar dihalaman kampung itu, juga menjadi sumber pencaharian tambahan bagi mereka. (darlin/nst)

LEAVE A REPLY