Beranda BERITA TERBARU Piagam Penghargaan BKN Award Dijemput Pemko Payakumbuh, Peringkat Pertama Kategori Implementasi Penilaian...

Piagam Penghargaan BKN Award Dijemput Pemko Payakumbuh, Peringkat Pertama Kategori Implementasi Penilaian Kinerja

97
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Di bawah kepemimpinan Riza Falepi Pemerintah Kota Payakumbuh kembali berhasil meraih prestasi membanggakan, Peringkat Pertama kategori Implementasi Penilaian Kinerja Kota Tipe C dari dalam Penganugerahan Badan Kepegawaian Negara (BKN Award 2021.

Penghargaan itu dijemput oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Payakumbuh Ifon Satria Chan di Hotel Grand Zuri Kota Padang, Senin (18/10).

Dari 7 kali anugerah BKN Awards itu, baru kali ini Pemerintah Kota Payakumbuh memperoleh penghargaan dan langsung peringkat I Pemerintah Kota Tipe C untuk kategori Implementasi Penilaian Kinerja. Setelah itu di posisi dua ada Kota Gunungsitoli dan di posisi tiga ada Kota Padang Panjang.

Penganugrahan BKN Award yang telah diumumkan pada saat Rakornas Kepegawaian beberapa waktu lalu dan diterima oleh berbagai pemerintah daerah dalam Wilayah kerja Kantor Regional XII BKN Pekanbaru, khususnya di Wilayah Propinsi Sumatera Barat.

Selain Kota Payakumbuh, ada 9 pemerintah daerah yang meraih penghargaan serupa dengan masing-masing ketegorinya sesuai dengan yang tertera dalam surat Kantor Regional XII BKN 0412/B-NK.04.01/SD/KR.XII/2021yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Regional XII BKN Neny Rochyany.

Seperti Provinsi Sumatera Barat (Provinsi Tipe A) sebagai Peringkat Pertama kategori Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT, Kota Padang (Kota Tipe A) meraih dua prestasi, yakni Peringkat Pertama kategori Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT serta Peringkat Ketiga kategori Implementasi Penilaian Kinerja.

Kemudian Kota Sawahlunto (Kota Tipe C) Peringkat Pertama kategori Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT serta Kabupaten Sijunjung (Kabupaten Tipe B) Peringkat Pertama kategori Penilaian Kompetensi.

Lalu ada Kota Solok (Kota Tipe C) Peringkat Kedua kategori Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT dan Kota Bukittinggi (Kota Tipe C) Peringkat Ketiga kategori Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan dan Pensiun.

Ada Kabupaten Agam (Kabupaten Tipe A) Peringkat Ketiga kategori Implementasi Penilaian Kinerja serta Kabupaten Pasaman (Kabupaten Tipe B) Peringkat Ketiga kategori Implementasi Penilaian Kinerja

Terakhir, Kota Padang Panjang (Kota Tipe C) Peringkat Ketiga kategori Implementasi Penilaian Kinerja.

Ditemui media di Payakumbuh, Wali Kota Riza Falepi mengatakan penghargaan ini menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan Pemko Payakumbuh dalam upayanya mewujudkan visi misi Payakumbuh Maju melalui peningkatan kapasitas dan kualitas SDM di lingkungan kerja Pemko Payakumbuh.

“Saya pikir ini sebuah anugerah yang sangat bermakna bagi kami karena selama ini memang salah satu cita-cita atau visi misi kita, kotanya maju, maka SDM harus maju juga. Dan kami tidak sia-sia yang telah bekerja untuk terus bergiat terkait dengan peningkatan kapasitas SDM dan dianugerahi oleh BKN,” kata Riza.

Di Kota Payakumbuh, penilaian kinerja ASN telah menggunakan aplikasi, namanya E-Kinerja. Aplikasi E.Kinerja ini dibangun bersama sama oleh BKPSDM, Dinas Kominfo, dan Bagian Sekretariat Daerah Kota Payakumbuh, aplikasi ini didukung oleh seluruh perangkat daerah dalam implementasi pengukuran kinerja melalui aplikasi E-Kinerja.

Riza mengatakan, Pemko Payakumbuh akan terus meningkatkan implementasi sistem merit yang menjadi catatan dari BKN. Meski demikian, menurutnya, penerapan sistem merit Pemko sudah menjadi yang terbaik. Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh meraih penghargaan Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia Kategori Baik di awal tahun 2021.

Riza Falepi yang cukup memperhatikan kesejahteraan pegawai dengan memberikan tunjangan bagi ASN di atas rata-rata pemerintah daerah yang ada di Sumatera Barat, menyampaikan Payakumbuh patut bangga dengan penghargaan ini karena hal ini menunjukkan komitmen Pemko Payakumbuh dalam mendukung tercapainya tujuan reformasi birokrasi yaitu birokrasi yang efektif dan efisien serta melayani.

Menurut Riza, Pemerintah Kota Payakumbuh kembali bisa berprestasi dalam bidang pengelolaan kepegawaian untuk lingkup nasional setelah tahun sebelumnya yakni tahun 2020 Pemko Payakumbuh dianugrahi penghargaan penerapan sistem merit dengan kualifikasi BAIK oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Untuk itu diperlukan ASN yang profesional. Hanya dengan menerapkan sistem merit, tujuan tersebut bisa diwujudkan. Kita berharap kedepan akan semakin baik lagi penerapan sistem merit di Pemko Payakumbuh,” ujarnya.

Riza juga mengungkapkan rasa syukur sekaligus mengapresiasi kinerja pengelolaan kepegawaian di tubuh Aparatur Pemko Payakumbuh. Wali kota dua periode itu berpesan kepada ASN agar terus bekerja dengan baik dan bangun kiat-kiat agar selalu memberikan hasil yang positif.

“Alhamdulillah pekerjaan kita sudah dinilai dan dianggap berhasil oleh BKN. Semoga dengan hasil ini membuat masyarakat Payakumbuh semakin baik dari segi ekonomi, kesejahteraan dan penghidupan yang lebih baik,” harapnya. (FS)

LEAVE A REPLY