Beranda BERITA TERBARU PILKADA KOTA PADANG DI TABUH

PILKADA KOTA PADANG DI TABUH

817
0
BERBAGI

PADANG-maklumatnews.net- Ketua KPU Kota Padang Drs. Muhammad sawati M.Si ditemui senin Tanggal 28-08-2017 diruang kerjanya mengatakan supaya besok hadir di rumah makan Taman sari Padang ada kegiatan Press gathering kepada Mahyudin. AR Kordinator Media Portal maklumatnews.net

Pilkada kota Padang di tabuh mulai hari selasa tanggal 29-08-2017, Komisi pemilihan Umum (KPU) kota Padang melakukan kegiatan Press gathering menyampaikan persiapan sosialisai tahapan pemilahan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang tahun 2018, di hadiri lebih kurang 30 wartawan bermacam media online, cetak, elektronik, undangan lain serta hadir Mahyudin. AR dari media portal maklumatnews.net.

dari perencanaan sosialisasi keuangan hingga logistic. Press Gathering dilaksanakan di rumah makan taman sari padang hadir komisioner KPU kota padang yaitu Mahyudin. S,Ag komisioner divisi logistic dan keuangan, Chandra Eka Putra.S,Tp divisi teknis, Yusrin Trinanda S.Ip divisi perencanaan dan data, Sekretaris KPU kota padang Lucky Dharma Yuli Putra M.Si, Rino S.E teknis.

Mahyudin menyampaikan pemungutan dan perhitungan pilkada 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 27 juni 2018, berdasarkan penetapan jadwal keputusan KPU Kota Padang nomer 9/HK.03.1 KPT/ 1371/ KPU – Kot/ VII/ 2017 tentang pedoman teknis tahapan program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan walikota dan wakil walikota padang tahun 2018, berdasarkan ketentuan pasal 5 ayat 1 Undang-undang nomer 8 tahun 2016, Pemilihan itu diselenggarakan melalui dua tahapan, Pemilhan itu diselenggarakan melalui dua tahapan , pertama tahapan persiapan, Kedua tahapan penyelenggaraan.

Tahapan persiapan mulai dari perencanaan program dan angaran penyusunan dan penanda tanganan naskah perjanjian hibah daerah, penyusunan dan pengesahan aturan penyelenggaraan pemilihan, sosialisasi kepada masyarakat, pembentukan PPK, PPS, dan KPPS.

Tahapan persiapan akan dimulai tanggal 27 september 2017 hingga 27 juni 2018. Tahapan penyelenggaraan KPU kota Padang bertugas dan memiliki kewenangan dalam merencanakan jadwal pemilihan walikota dan wakil walikota padang, mulai pencalonan, seperti syarat pendukung pasangan calon perorangan dan pendaftaran  pasangan calon.

Masa kampanye, pengadaan dan pendistribusian perlengkapan pemungutan dan perhitungan suara hingga penetapan suara pasangan calon terpilih. Tahapan penyelenggaraan mulai tanggal 31 juli 2017, dalam waktu dekat agenda KPU melakukan Launching tahapan, kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 september 2019.

Dalam waktu yang sama juga akan dilaksanakan launching mascot pilkada kota padang Th 2018, kemudian mendeklarisaasikan relawan demokrasi dan jambore demokrasi melibatkan perwakilan pelajar tingkat SLTA, kegiatan ini akan dilaksanakan di padang besi.

Mahyudi menyatakan sosialisasikan PKPU nomer 1 / 2017 tentang tahapan dan jadwal pilkada serentak Th 2018 dilaksankan kepada seluruh elemen masyarakat. Waktu bersamaan KPUD kota padang, mensosialisasikan PKPU nomor 2 / th 2017 tentang pemutakhirkan data pemilih, PKPU nomor 3 / th 2017 tentang pendaftaran calon, PKPU nomor 4 / th 2017 tentang kampanye dan PKPu nomer 5 / th 2017 tentang dana kampanye.

Dilanjutkan Mahyudin untuk penyelengaraan pilkada kota padang KPU sudah mempersiapkan sebanyak 37 Miliar, untuk tahun 2017 anggaran yang bisa di cairkan sebanyak 10 Miliar, selebihnya di cairkan pada tahun 2018, tahap awal kita baru terima 4 miliar, 6 miliar lagi setelah anggaran perubahan, ungkapnya.

Komisioner divisi teknis Chandra Ekaputra menyatakan sosialisasi tahapan dan jadwal pilkada bertujuan awal seluruh elemen masyarakat mengetahui tahapan pilkada kota pada tahun 2018.

Selama ini memang mengetahui pemilhan walikota dan wakil walikota padang berlangsung tahun 2018, namun baru sebatas informasi dari medsos dan cerita mulut ke mulut. Untuk itu KPU kota padang sebagai penyelengara perlu melakukan sosialisasi, uncap Chandra. (MH)

LEAVE A REPLY