Beranda BERITA UTAMA Polres Padangpariaman Terapkan Sistem Buka Tutup Satu Arah Atasi Kemacetan

Polres Padangpariaman Terapkan Sistem Buka Tutup Satu Arah Atasi Kemacetan

391
0
BERBAGI

PADANGPARIAMAN – Polres Padangpariaman menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan arus mudik lebaran Idul Fitri tahun 2019 di wilayah hukum Polres Padangpatiaman. Sebagai wilayah penghubung Padang dan Bukittinggi, kepadatan kendaraan diprediksi pada hari ke-4 Lebaran.

Rekayasa lalin yang disiapkan Polres Padangpariaman dengan memberlakukan sistem buka tutup satu arah. Kemudian, Polres Padangpariaman juga menerapkan selektif prioritas terhadap kendaraan rombongan. Mengantisipasi kemacetan yang timbul akibat kepadatan kendaraan, para personel ditemptkan di titik-titik kepadatan arus.

“Sejauh ini arus lalu lintas Padangpariaman-Bukittinggi masih lancar. Kemungkinan rekayasa jalan baru diterapkan pada Sabtu dan Minggu. Karena puncak kepadatan diprediksi pada hari tersebut,” jelas Kasat Lantas Polres Padangpariaman, Iptu Yuliadi, saat pengaturan lalu lintas, Kamis (6/6/2019) siang.

Menurut Yuliadi, titik-titik kepadatan arus lalulintas terdapat di Pasar Lubuk Alung, Simpang Tiga Sicincin, serta di perlintasan rel kereta api Duku, Batang Anai. Di perlintasan rel kereta api Duku terjadi kepadatan kendaraan karena di sana rel lebih tinggi daripada jalan.

“Karena di sana sedikit ada perlambatan, permukaan rel lebih tinggi dari jalan. Jadi di sana ada perlambatannya,” ungkap Yuliadi sambil menambahkan posko pengamanan yang ada di sepanjang jalur lintas Padangpariaman-Padang,” jelas Yuliadi.

Ia pun mengimbau pengendara kendaraan bermotor agar selalu berhati-hati saat berkendara. Pengendara diminta tertib, dan mematahui rambu-rambu lalu lintas. “Utamakan keselamatan daripada kecepatan, sehingga selamat sampai tujuan dan untuk mengurangi fatalitas kecelakaan lalu lintas. (aaa)

LEAVE A REPLY