Beranda NASIONAL POSYANDU CEMPAKA UNGU PERCONTOHAN MEWUJUDKAN MANUSIA BERKUALITAS UNTUK MASA DEPAN

POSYANDU CEMPAKA UNGU PERCONTOHAN MEWUJUDKAN MANUSIA BERKUALITAS UNTUK MASA DEPAN

1043
0
BERBAGI

Tanah Datar—(MaklumatNews.Net)–Tim penilai Posyandu Provinsi Sumatera Barat melakukan penilaian terhadap kader Posyandu Cempaga Ungu Nagari Tambangan Kecamatan X Koto, di kantor wali nagari setempat, kemaren.
Tim penilai yang diketuai Retta Tessia, SE, diterima oleh Ketua PKK Kab. Tanah Datar Hj Emy Irdinansyah, anggota DPRD Tanah Datar Benny Remon, Camat X Koto Drs. Herison beserta istri.
Dalam kesempatan itu, Retta Tessia mengatakan pada tahap 2 ini, tim penilai akan melakukan penilaian sebanyak 3 proses. Yakni , mendengarkan expose dari kader posyandu, peninjauan kelapangan dan diskusi kelompok.
“Dimana pada sesi peninjauan kelapangan katanya, yang akan dinilai sejauh mana partisipasi Satuan Perangkat Daerah (SKPD) terkait dalam Pembinaan serta dukungan masyarakat terhadap Posyandu,” sebutnya.
Tanah Datar merupakan 7 dari Kabupaten di Sumatera Barat yang mendapat nominasi. Inipun sesuai dengan hasil pada penilaian Temu Kader Posyandu yang dilaksanakan pada Tgl 14-15 April 2016 di Padang lalu, ulasnya.
Ketua PKK Kab. Tanah Datar Hj Emy Irdinansyah Tarmizi dalam sambutannya menyampaikan pembangunan sumber daya manusia yang bertujuan unutk mewujudkan manusia yang berkualitas harus dimulai sejak dini salah satunya adalah Posyandu.
“Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat yang dikelola dan diselengarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat serta memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh kesehatan, ” ungkap Hj. Emi.
Dia sebutkan, di Kecamatan X Koto terdapat sejumlah 64 Posyandu dengan 320 kader Posyandu. Dimana pada Nagari Tambangan ini ada 4 Posyandu dengan 20 kader yang salah satunya adalah Posyandu Cempaka Ungu dengan jumlah kader 8 orang sudah termasuk kader BKB dan PAUD yang telah berhasil meraih nominasi.
“Semoga usaha dan upaya dari kader Posyandu Cempaka Ungu ini dapat menjadi salah satu contoh posyandu yang mampu mewujudkan manusia berkualitas untuk masa depan serta mendapatkan prestasi di tingkat provinsi dan nasional,” harapnya.
Dalam pemaparan singkat Nurbaity kader Posyandu Cempaka Ungu mengatakan bahwa Posyandu Cempaka Ungu sudah terintergrasi dengan BKB PAUD.
Dimana pada pelaksanaannya, diawali dengan pendaftaran oleh kader posyandu, kader BKB dan PAUD. Selanjutnya melayani penimbangan, pemantauan perkembangan, pencatatan KMS, KKA serta penyuluhan kesehatan dan gizi, penyulun stimulasi dan pendidikan dini.
Hal yang menarik dari Posyandu Cempaka Ungu itu, kader juga memberikan pembelajaran keterampilan merajut, pembuatan sepatu bayi, pin jilbab, tas telpon genggam serta memproduksi minuman herbal dari hasil toga bagi orang tua balita.
“Hasil dari penjualan produk-produk ini akan disisihkan 5% untuk Posyandu Cempaka Ungu,” ungkap Nurbaiti.
Setelah melaksanakan pemaparan tim penilai bersama seluruh rombongan langsung menuju Posyandu Cempaka Ungu untuk meninjau kondisi posyandu dan melakukan diskusi kelompok dengan kader posyandu tersebut. (Afrizal Chaniago)

LEAVE A REPLY