Beranda BERITA TERBARU PSB ONLINE YANG BAIK PELAKSANAANNYA DI SMP 1 PADANG

PSB ONLINE YANG BAIK PELAKSANAANNYA DI SMP 1 PADANG

985
0
BERBAGI

Padang-(MAKLUMATNEWS.NET)— Monitoring pelaksanaan PSB Online pada lima sekolah di Kota Padang yakni di SMP Negeri 1, SMK Negeri 3, SMA Negeri 3, SMA Negeri 5 dan SMP Negeri 18 Padang. Tujuannya melihat langsung bagaimana menjalankan PSB Online pada sekolah tersebut, apakah ada kendala dan lain sebagainya. Rupanya setelah dilihat langsung ternyata penjabaran kepala sekolah memang berbeda-beda terhadap pelaksanaan PSB Online tersebut. SMPN 1 Padang dan SMKN 3, baik dalam menyusun strategi penerimaan siswa-siswi yang datang mendaftar, ucap Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang diwakili Kepala UPTD P2Dapodik-IT dan Kasubag TU Syuhadi, M.Kom dan Irwan pada monitoring PSB Online tersebut, Sabtu (25/6).

 

Di SMPN 1 Padang dibagi dengan baik, loket I pengambilan formulir pendaftaran, setelah itu loket pendaftaran antara perempun dengan pria dipisahkan. Tujuannya agar tidak terjadi antrian panjang. Kedua supaya tidak bercampur antara pria dan wanita. Dan semua prosesi pendaftaran penerimaan siswa baru berjalan dengan baik dan lancar disekolah yang dipimpin Drs. Hakim , MPd itu. Begitu juga di SMKN 3 Padang, juga baik pengaturannya, sebut Syuhadi.

Setelah itu monitoring dilanjutkan, ke SMA Negeri 3 Padang dan ditemukan pelaksanaan yang berbeda, hanya memanfaatkan satu ruangan (Loket) saja, sehingga terjadi antrian atau penumpukan calon pendaftar siswa-siswi baru. Semestinya, kata Syuhadi lebih baik banyak memakai ruangan seperti sekolah lainnya, sehingga pelayanan terhadap calon siswa yang mendaftar bias dilayani dengan baik serta menyenangkan public.

Lanjut ke SMA Negeri 5 Padang dan SMP Negeri 18 di kawasan Balaibaru, Kuranji, mirip pelaksanaannya dengan SMPN 1 Padang dibagi melalui loket-loket, mulai dari pengambilan formulir, ferivikasi data/syarat.

Sedangkan dulu, tahun lalu kata Kepala SMAN 5 Padang Drs. Sfrizal, MM hari pertama tidak ramai pendaftar, hari kedua baru berjubel masyarakat datang untuk mendaftar. Hari pertama PSB Online tahun 2016 di SMAN 5 diperhatikan hingga pukul 09. 00 wib masih sepi. Rupanya pukul 10.00 Wib datang para pendaftar beramai-ramai. Sehingga agak kewalahan petugas, maka disetiap loket akan ditambah petugas pada hari kedua pelaksanaan PSB Online.

Di SMA negeri 5 Padang tahun ajaran 2016/2017 daya tampung sekolah sebanyak 282 siswa baru, dibagi dalam 9 lokal, dan perlokal 32 orang. Kemudian di SMPN 18 Padang alur loket peneriman siswa baru amat baik, bahkan depan pintu masuk dipajang pula gambar denah pendaftaran. Namun sayangnya perangkat computer yang disediakan pihak sekolah kurang baik, belum diinstal sehingga lodingnya agak lama (Lola) untuk entri data dan mencetak. Semestinya satu minggu menjelang pelaksanaan PSB Online computer yang akan dipergunakan disiapkannya. Padahal SMPN 18 tersebut banyak memiliki computer. Untuk mengatasi, persoalan loding agak lama, Kepala UPTD P2Dapodik-IT TU Syuhadi, mengusulkan supaya petugas PSB Online menginstal 2 unit computer secara berjalan, supaya lodingnya cepat. Dan para siswa/I pendatar bisa terlayani dengan cepat dan baik serta menyenangkan.

Sejalan dengan itu, kepala UPT P2DAPODIK DAN TI, Syuhadi menginformasikan, penerimaan calon siswa baru online tahun 2016 dilaksanakan sama dengan persyaratan dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni calon siswa baru cukup mendaftar dirinya sebagai calon siswa baru untuk SMP, SMA dan SMK sesuai dengan sekolah pilihannya. Mengisi formulir dan menyerahkan Nilai sekolah yang telah ditempel sah, akan diterima datanya pada tahapan I Prapendaftaran di data PSB Online dinas pendidikan kota Padang di pusat data UPT P2DAPODIK & TI dengan web http://psb.diknaspadang.id.

Setelah calon siswa mendapatkan nomor entry pendaftaran dari panitia penerimaan PSB Online, Sabtu 25,26 dan 27 Juni 2016 sudah bias mendaftarkan diri ke sekolah SMP.SMA DAN SMK dengan membawa persyaratan pendaftaran selanjutnya. Dan Calon peserta didik dari dalam kota Padang, pendaftarannya sama dengan yang lain yaitu tanggal 25, 26 dan 27 juni 2016, setelah mereka mendaftarkan diri ke sekolah yang diminati maka calon siswa baru harus menunggu hasil entry data dari pusat hasil data diknas kota Padang di web http://psb.diknaspadang.id.

Dengan berpedoman nilai UN dari sekolah, calon peserta didik baru menunggu hasil kelulusannya tanggal 28 Juni 2016, dan pendaftaran tahap II atau pemenuhan daya tampung atau kouta yang masih tersisa dilaksanakan melalui persyaratan yang sama dimana hasilnya juga secara online pada tanggal 18 juli 2016.-*- Irwandi Rais

 

LEAVE A REPLY