Beranda BERITA TERBARU PSBG ” Harapan Ibu ” Panti Sosial Segudang Prestasi Dan Kreatifitas Tinggi

PSBG ” Harapan Ibu ” Panti Sosial Segudang Prestasi Dan Kreatifitas Tinggi

1443
0
BERBAGI

Padang-maklumatnews.net– Untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Sosial melakukan beragam program berbasis masyarakat. Hal ini dilakukan dengan meningkatkan harkat, martabat serta kualitas hidup manusia. Selain itu, dengan mengembangkan prakarsa serta peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

Upaya lain yaitu dengan mencegah dan mengendalikan serta mengatasi masalah sosial, meningkatkan ketahanan dan pemberdayaan sosial masyarakat, meningkatkan pelayanan dan rehabilitasi sosial, mengembangkan sistem perlindungan dan jaminan sosial serta mengembangkan sistem dan sarana serta prasarana Unit Kesejahteraan Sosial.

Panti sosial ” Harapan Ibu” yang dikelola Dinas Sosial Provinsi merupakan implementasi nyata dari hal di atas Salah satu panti sosial bina grahita, Layanan yang diberikan di panti sosial ini meliputi perawatan dan asrama, kesehatan dan gizi, pembinaan dan mental, pendidikan, kesejahteraan sosial, bimbingan dan latihan keterampilan, pengasramaan, identifikasi dan motivasi hingga pembinaan awal rujukan.

Saat dikunjungi tim maklumatnews dalam rangka menjalin silaturahmi, Dra Erliza Rupiah Riyawati sebagai kepala PSBG Harapan Ibu mengatakan, kami mengajarkan kepada anak- anak keterampilan sederhana karena anak kita Tuna grita, rata- rata IQ nya dibawah normal.


Klarifikasi penyandang cacat mental retardasi diantaranya Debil dan Embisil. Debil/ mampu didik ( IQ 50-70) adalah seseorang yang mempunyai potensi intelegensi dan angka kecerdasan antara 50-70 dengan mental atau setara anak umur 8-12 tahun, jelasnya.

Seterusnya Embisil/ mampu dilatih (IQ 20-49) sesorang yang mempunyai potensi intelegansia dengan anak setara umur 3-7 tahun, mereka tergolong mampu latih serta mampu mengikuti hal- hal yang abstrak dan sederhana.


Disini keseluruhan anak yang ada di panti sosial ini berjumlah 100 orang, terdiri dari lima puluh orang perempuan dan lima puluh orang laki- laki, semua kebutuhan yang menyangkut hal untuk keberlangsungan anak ditangung oleh Dinas Sosial Provinsi.

Kemudian sianak juga kami bekali dengan belajar ilmu agama dan sholat berjamaah. kami juga mengajarkan kebersihan untuk merawat tubuh serta cinta lingkungan yang bersih sehat

Untuk prestasi kami juga tidak kalah dengan panti sosial lain, di bidang olahraga misalnya dan musik kami juga sering diundang untuk mengisi acara Wali Kota Padang, ungkapnya.

Harapan kami kepada pemerinta untuk PSBG Harapan Ibu, kami membutuhkan dari donatur ,bantuan fisik, seperti ruangan lokal, rehap bangunan, perawat, ruangan terapi serta tambahan kendaraan untuk kelangsungan PSBG Harapan Ibu, tutupnya.

SRP

LEAVE A REPLY