Beranda BERITA TERBARU Reses Masa Sidang ke-1 Ketua DPRD Hamdi Agus Dengan Warga Nunang Daya...

Reses Masa Sidang ke-1 Ketua DPRD Hamdi Agus Dengan Warga Nunang Daya Bangun

126
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Memasuki Reses masa sidang ke-1, Ketua DPRD Kota Payakumbuh dari Fraksi Partai Kesejahteraan Sosial (PKS) Hamdi Agus, S.T, mengunjungi konstituennya di Kelurahan Nunang Daya Bangun (NDB), Minggu (12/12).

Hamdi mengundang Ketua RT/RW serta tokoh masyarakat di Aula Bakinco Resto, Koto Tangah, Kecamatan Payakumbuh Barat. Tujuan reses perorangan ini adalah dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat di Dapil Payakumbuh l.

Pertemuan yang dimulai pada pukul 10.00 WIB ini diawali dengan sambutan Lurah Nunang Daya Bangun Ari Ashadi yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pemaparan dari Hamdi Agus terkait tujuan pelaksanan reses ini.

Di awal sambutannya, Hamdi Agus mejelaskan bahwa ini adalah reses masa sidang ke-1 tahun 2020. Berbeda dengan DPR RI, untuk DPRD kabupaten/kota terdapat 3 kali masa sidang.

“Reses kali ini adalah reses masa sidang ke-1 tahun 2020” ujarnya.

Kepada peserta Reses, Hamdi terlebih dahulu juga menjelaskan Fungsi DPRD itu sendiri. Menurutnya terdapat 4 fungsi lembaga legislatif ini yaitu : fungsi legislasi, fungsi pengawasan, fungsi anggaran (budgeting) dan fungsi Penyerapan Aspirasi.

“Kita menyerap aspirasi masyarakat di Dapil Payakumbuh I untuk APBD tahun 2022,” kata Hamdi.

Selain itu, dari fungsi legislasi, Hamdi juga menginformasikan bahwa tengah disusun beberapa Perda dengan inisiator dari masing-masing komisi yang ada di DPRD. Untuk Komisi A sedang disusun Perda tentang Kesejahteraan Sosial, Komisi B menginisiasi Perda Perkoperasian dan Komisi C Perda tentang Perumahan dan Pemukiman Kumuh.

“Ketiga Perda ini tengah disusun dan akan dibahas pada masa sidang kedua pada bulan Januari 2021 mendatang,” jelas Hamdi.

Selain itu, Hamdi juga menyampaikan untuk APBD 2021 sudah disahkan pada tanggal 27 November 2020 lalu. Menurutnya APBD 2021 ini cukup berat karena terjadi penurunan anggaran yang cukup signifikan yaitu kurang lebih 100 Milyar. Akibatnya terdapat program-program starategis yang terpaksa ditunda pembangunannya.

“Untuk anggaran tahun 2022, mudah-mudahan APBD kita kembali membaik sehingga pembangunan-pembangunan yang tertunda akibat Covid-19 dapat kembali dilaksanakan,” ujar Hamdi.

Penyerapan aspirasi sebagaimana inti dari pertemuan itu, dari pantauan media, mekanisme dilakukan dengan cara membuka sesi usulan dan keluhan-keluhan seputar masalah-masalah pembangunan di kelurahan.

Sesi tanya jawab ini tampak sangat hidup sekali. Tokoh-tokoh masyarakat menyampaikan aspirasi mereka satu persatu. Dari jumlah peserta 21 orang ini berganti-ganti mereka mengangkat tangan sekaligus angkat bicara.

Banyak aspirasi yang disampaikan diantaranya : persoalan penganggaran satgas anti narkoba, pembangunan lantai 2 kantor lurah, drainase (RW3 dan RW4), banjir (RW3), masalah penerangan lampu jalan, persoalan adat, program keluarga berencana, masalah sampah (RW 1), masalah zonasi SDN 58 Payakumbuh di NDB, jalan lingkung yang sudah buruk kondisinya, sampai masalah honor bulanan RT/RW.

Dari sejumlah aspirasi yang disampaikan tersebut, tepuk tangan terjadi pada saat terdapat usulan dari tokoh masyarakat untuk menganggarkan Honor perangkat RT/RW setiap bulannya.

“Kalau bisa kami bermohon perangkat RT/RW ini diberikan honor tiap bulan pak,” ujar Yeri Eka Putra ketua RT 2 RW 5.

Oleh Hamdi Agus, satu persatu aspirasi tersebut ditanggapi. Tampak wakil rakyat itu mencatat seluruh aspirasi tersebut sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke gedung dewan guna dibahas lebih lanjut.

“Aspirasi bapak-bapak dan Ibu-Ibu kita tampung dan sama-sama berdoa mudah-mudahan dapat terkabul nantinya. Khusus untuk honor perangkat RT/RW dikelurahan lainnya juga menyampaikan hal yang sama. Ini juga akan menjadi perhatian kita nanti di DPRD,” kata Hamdi Agus.

Lurah Nunang Daya Bangun Ari Ashadi diawal sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada Hamdi Agus yang telah menempatkan dana pokirnya untuk pembangunan pagar, dam, dan pengecoran halaman kantor Lurah Nunang Dayan Bangun.

“Alhamdulillah tahun 2021 ini beliau telah bantu kelurahan kita dari dana pokir sebesar 200 Jt. Mudah-mudahan nanti pelaksanaan kegiatan ini berjalan dengan lancar. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada Pak Hamdi Agus,” pungkasnya. (FS)

#LiputanKhususDPRDKotaPayakumbuh

LEAVE A REPLY