Beranda BERITA TERBARU Riza Falepi Sempat Sebut Dua Nama Anak Nagari Koto Nan Godang Untuk...

Riza Falepi Sempat Sebut Dua Nama Anak Nagari Koto Nan Godang Untuk Bakal Calon Wali Kota 2024

157
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Wali Kota Riza Falepi Dt. Rajo Kaampek Suku sempat menyebut dua nama yang sering jadi perbincangan di tengah-tengah masyarakat sebagai sosok penggantinya memimpin Kota Payakumbuh saat Riza menghadiri Pengukuhan Pengurus KAN dan Bundo Kanduang Nagari Koto Nan Godang, sekaligus Halal Bihalal Hari Raya Idul Fitri 1443 H di Kantor KAN atau Balai Adat Nagari Koto Nan Godang, Selasa (10/5).

Dua nama tersebut adalah Joni Hendri, S.Kom, MM yang kini diamanahkan sebagai Ketua Ikatan Keluarga Koto Nan Godang (IKK) Jakarta. Pengusaha alat-alat kesehatan itu tengah diapungkan menjadi kandidat kuat calon wali kota pada Pilkada 2024 mendatang.

Kemudian ada nama Isnaldi Muhammad Dini, SH, SHI, M.Si yang merupakan Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Jaringan Saudagar Muhammadiyah, Wakil Sekretaris Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP Hipmi), dan Chairman Yasmina Group Jakarta. Sejak 2 bulan belakangan ini namanya juga digadang-gadang masuk dalam pusaran Pilkada Kota Payakumbuh 2024.

“Kalau ado adiak-adiak ambo atau anak nagari kito dari Koto Nan Godang diamanahkan menjadi pemimpin, maka jadilah pemimpin yang bertanggung jawab. Pemimpin yang menyayangi masyarakatnya, bukan pemimpin yang membebani daerahnya, harus yang berpihak kepada masyarakat,” kata Riza menegaskan.

Dilansir dari jernihnews.com, Riza Falepi yang bersuku Kampai berasal dari Nagari Koto Nan Godang Payakumbuh, keluarga ibunya dari Lingkungan Koto Baru Balai Janggo dan keluarganya bapaknya berasal dari Lingkungam Balai Cacang. Riza dapat memimpin kota yang kini berjulukan City Of Randang ini dengan baik. Pembangunan Kota Payakumbuh maju pesat di bawah kepemimpinan politikus PKS itu.

Pembangunan tidak saja pesat di wilayah Koto Nan Gadang atau Payakumbuh Utara saja, tapi juga di empat kecamatan lainnya, meliputi Payakumbuh Barat, Payakumbuh Timur, Payakumbuh Selatan dan Lamposi Tigo Nagari. Program-program pembangunan di era Riza tidak sedikit yang menjadi buah bibir. Di antaranya adalah pembangunan di kawasan Batang Agam, fasilitas umum, jalan Sudirman dua jalur, mal pelayanan publik dan banyak lainnya.

“Alhamdulillah, meski diawali dengan rasa keraguan apakah bisa memimpin Payakumbuh dengan baik, ternyata bisa maju pesat. Tentu niniak mamak jo bundo kanduang Nagari Koto Nan Godang turut bangga dengan prestasi yang telah diraih anak Nagari Koto Nan Godang selama memimpin Kota Payakumbuh. Terbukti bahwa cerdik kita tidak saja sampai di Simpang Benteng saja,” kata Riza dalam bahasa daerah Koto Nan Godang.

Riza mengajak agar niniak mamak, bundo kanduang, alim ulama, cadiak pandai dan pemuda Nagari Koto Nan Gadang agar bersama-sama membangun nagari. Sejauh ini menurut Riza, semua berjalan di rel yang benar. Kalau pun ada letupan-letupan atau dengan kata lain ‘talongsong’, dia selaku wali kota dan sekaligus sebagai seorang niniak mamak juga turut mengingatkan.

Riza juga mengucapkan selamat kepada pengurus KAN Koto Nan Gadang yang baru periode 2022-2026, saat itu Riza tidak dapat menghadiri karena bertepatan pula mendadak bersama seluruh kepala daerah di Sumbar dipanggil oleh Menteri PUPR Dr. Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., Riza menyampaikan 3 usulan pembangunan yang sangat vital bagi Kota Payakumbuh untuk dilaksanakan pada tahun 2023. Yakni lanjutan Normalisasi Batang Agam, Peningkatan Jalan Lingkar Utara, serta Pengembangan TPA Regional.

“Semoga KAN di era kepemimpinan Dt. Mangkuto Nan Putiah dapat lebih maju lagi dan juga selamat kepada pengurus Bundo Kanduang Nagari Koto Nan Gadang yang baru dikukuhkan,” pungkasnya. (FS)

LEAVE A REPLY