Beranda ACEH Rombongan Forkopimda Tinjau Aliran Kepercayaan yang Ada di Aceh Singkil

Rombongan Forkopimda Tinjau Aliran Kepercayaan yang Ada di Aceh Singkil

754
0
BERBAGI

Aceh Singkil, maklumatnews.net –Rombongan Forkopimda dan kejaksaan negeri Singkil laksanakan pemantauan terhadap aliran kepercayaan yang ada di Aceh Singkil. Rombongan tiba sekitar pukul 10:00 wib dan langsung meninjau yang berada di Kecamatan Danau Paris.

Saat tiba di lokasi tepatnya di Desa Napagaluh terdapat adanya aliran kepercayaan yang bernama Persatuan Ugamo Malim Adat Budaya Beringin Indonesia atau (PAMBI).

Para rombongan disambut oleh pengurus Pambi Rofot Tumangger. dalam sambutannya menypaikan dirinya adalah pengurus tunggal di aliran kepercayaan tersebut. 19/09/2019.

Rofot mengatakan Saya pengurus tunggal di Pambi ini, dam sudah berdiri sejak tahun 1956 dan didirikan oleh kami kepercayaan.

Ia juga menambahkan, di Kabupaten Aceh Singkil ini kepercayaan Parmalim pihaknya tetap berpatokan dan berlandaskan pancasila, sedangkan kitab kepercayaan kami adalah Pustaha Tembaga Holing dan Tuhan kami Allah Ta’ala.

Aliaran kepercayaan Pambi ini hanya ada di tiga wilayah Kecamatan tepatnya di Desa Napagaluh, Desa Situbuh-tubuh dan Desa Mandumpang. Kepercayaan Parmalim ini berkembang dimasa penjajahan Belanda sebagai bentuk perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia melawan penjajah Kolonial Belanda.

Sungguh disayangkan sampai saat ini belum adanya perhatian Pemda Aceh Singkil kepada kami, padahal kepercayaan kami ini juga berjasa dalafm perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia,” terang Rofot

Rofot mengatakan sangat senang dengan adanya kunjungan rombongan yang datang karena telah berkunjung ke tempat ibadah mereka. Ia juga berharap kedepan pemerintah daerah dapat memperhatikan mereka. (RW)

LEAVE A REPLY