Beranda BERITA TERBARU RSUD Abdul Rivai Telah Menerima 38 Pasien Konseling Sejak Tiga Bulan Berjalan...

RSUD Abdul Rivai Telah Menerima 38 Pasien Konseling Sejak Tiga Bulan Berjalan di 2019

457
0
BERBAGI

TANJUNG REDEB-maklumatnews.net-Rumah Umum Sakit Daerah (RSUD) Abdul Rivai telah menerima 38 pasien konseling sejak tiga bulan berjalan di 2019. Dari jumlah tersebut, 7 orang dinyatakan positif HIV/AIDS.

“Angka tersebut bisa saja bertambah, karena berdasarkan data yang ada, 38 pengunjung sudah melakukan konseling dan hasilnya masih kami tunggu,” kata Kepala Humas RSUD Abdul Rivai, dr Erva Anggriana, Minggu kemarin (30/6/2019).

Pasien yang berkunjung ke RSUD Abdul Rivai didominasi kaum LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) dan sebagian besar penderitanya adalah gay.

“Pada prinsipnya, kami yang bisa memberikan pemahaman terkait penyakit mematikan ini,” terangnya.

Ada beberapa hal yang dilakukan terhadap pasien sebelum didiagnosa terjangkit HIV/AIDS, diantaranya melakukan konseling sebelum dan sesudah tes HIV. Konseling sebelum tes untuk memberikan informasi yang lengkap tentang HIV dan AIDS.

Kemudian VCT untuk menggali faktor-faktor risiko dan cara menguranginya. Sedangkan konseling sesudah tes bertujuan untuk mempersiapkan klien menghadapi hasil tes.

Di sini, kata Erva, diberikan penjelasan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan hasil tes, ke mana dan apa yang harus dilakukan seandainya positif HIV atau negatif dengan segala konsekuensinya.

“Tes HIV atau juga sering disebut dengan VCT (Voluntary Counseling and Testing, Red.) adalah tes yang dilakukan untuk mengetahui status HIV dan dilakukan secara sukarela serta melalui proses konseling terlebih dahulu,” pungkasnya. (*)

korankaltim.com

LEAVE A REPLY