Beranda BERITA TERBARU Rusia Ingin Tingkatkan Hubungan dengan Jepang

Rusia Ingin Tingkatkan Hubungan dengan Jepang

331
0
BERBAGI

MOSKOW – Rusia ingin meningkatkan hubungan bilateral dengan Jepang di semua bidang dan harapan untuk mencapai perjanjian damai dengan tetangga timurnya itu. Demikian diungkapkan seorang pejabat Kremlin, Yuri Ushakov, Selasa (13/12)

Ushakov melontarkan pernyataan itu sebelum Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan kunjungan ke Jepang pada akhir pekan ini. Meski mengaku negaranya ingin mencapai perjanjian damai, namun Ushakov menyatakan, untuk menyetujui perjanjian damai dibutuhkan kerja yang teliti.

“Presiden telah mengatakan, bahwa negara kami tidak hanya siap, tapi juga tertarik untuk menyelesaikan masalah yang sudah lama berlangsung ini. Tapi, kami percaya ini adalah proses yang cukup panjang, yang membutuhkan kinerja teliti untuk meningkatkan kepercayaan,” lanjut Ushakov, seperti dikutip dari Reuters.

Hingga kini, Rusia dan Jepang masih terlibat sengketa teritorial atas kepulauan di Pasifik Barat. Pulau itu disita oleh Pasukan Soviet pada akhir Perang Dunia II. Sengketa ini telah mengganggu hubungan diplomatik dan menghalangi perjanjian perdamaian resmi antara kedua negara.

Dalam kesempatan ini, Ushakov juga menyatakan, penangkapan mantan Menteri Ekonomi Rusia, Alexei Ulyukayev tidak akan mempengaruhi dialog antara Moskow dan Tokyo. Selama ini, Ulyukayev terlibat dalam hubungan bilateral Rusia-Jepang.

 

sindonews
(esn)

LEAVE A REPLY