Beranda BERITA UTAMA Sebut Lebih Banyak Mafsadatnya, Ketua MUI Kota Padang Duski Samad Minta Umat...

Sebut Lebih Banyak Mafsadatnya, Ketua MUI Kota Padang Duski Samad Minta Umat Tak Lakukan People Power

469
0
BERBAGI

PADANG – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, Duski Samad meminta masyarakat tidak termakan ajakan melakukan people power. Duski Samad menilai people power dapat meruntuhkan keutuhan bangsa. Selain itu, Duski juga mengingatkan umat soal peole power. Umat harus melihat dan mempertimbangkan unsur maslahat (kebaikan) dan mafsadat (kerusakan).

“Soal people power ini kan soal ranah politik. Bagi umat yang paling penting dalam melihat ini siapa pun dia, tolong dipertimbangkan berdasarkan maslahat dan mafsadat,” kata Duski Samad, Sabtu (18/5/2019).

Duski mengatakan MUI mengikuti perkembangan politik di Indonesia usai pemungutan suara Pemilu 2019. Dia mengatakan ada potensi gesekan sosial di masyarakat yang dapat berbuntut konflik. Untuk itu lanjutnya, MUI Kota Padang sudah berdiskusi dengan MUI Pusat, dan pihak lainnya dalam mengingatkan umat agar jangan mudah dimasuki ke dalam pusaran yang tidak jelas.

“Maslahat itu artinya tingkat kebaikannnya. Mana kebaikan yang lebih tinggi, pergi atau tidak pergi. Oleh karena itu cukup kan informasi dan kita percayakan soal-soal negara ini tentu kepada aparat negara,” ujar Duski.

Ia kembali menegaskan, dalam hal ini majelis ulama posisinya hanya mengingatkan. Dahulukan yang manfaat daripada yang mudarat, pilih yang lebih maslahat daripada yang mafsadat.

“Tentu ada sistem yang akan menyelesaikannya. Politisi juga kita imbau untuk menempat rakyat sebagai pemegang kedaulatan. Oleh karena itu berikan haknya sesuai dengan aturan yang ada,” ungkap Duski Samad. (ril/a)

LEAVE A REPLY