Beranda BERITA TERBARU Selama Ramadhan, 4 Warga Payakumbuh Ganti Status KTP, Diperkirakan Akan Bertambah Lagi

Selama Ramadhan, 4 Warga Payakumbuh Ganti Status KTP, Diperkirakan Akan Bertambah Lagi

665
0
BERBAGI

Payakumbuh -maklumatnews.net- Sudah 4 orang warga Payakumbuh yang berganti status Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari Belum Kawin menjadi Kawin selama ramadhan, dan diperkirakan akan bertambah menjelang lebaran.

“Kemaren dan hari ini, 15 dan 17 Mei 2019 sudah ada yang ganti status KTP nya, dalam jadwal kita ada lagi yang akan berganti status 4 orang lagi pada tanggal 18 Mei dan 20 Mei 2019,” ujar Kepala Dinas Disdukcapil Yunida Fatwa melalui Kasi Pelayanan Pencatatan Sipil Novi Iswara, S.Kom, saat ditemui Humas, Jum’at (17/5) dikantornya.

Dikatakan, Disdukcapil Kota Payakumbuh akan selalu memberikan pelayanan dengan terjadinya perubahan administrasi warga di Payakumbuh, walaupun di bulan Ramadhan, pelayanan itu akan sama seperti hari biasa, tidak mengurangi kualitas pelayanannya.

“Ketika ada warga yang akan menikah, dan di KTP nya sudah berdomisili di Payakumbuh, maka kepengurusan dokumen-dokumen kependudukannya tidak perlu datang ke dinas capil, hanya mengurus pernikahannya saja lagi di Kantor KUA,” ujar Novi.

Komitmen Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh dengan Program Siap Nikah Kartu Keluargaku Selesai Dibuat atau disingkat SINI KAKEK SELEB tidak mengalami perubahan di Bulan Ramadhan, bagi masyarakat yang menikah sesama warga Kota Payakumbuh pasti akan diantarkan KK baru dan KTP perubahan status ketempat terjadinya peristiwa nikah.

“Lebih khususnya saat ijab kabul sudah dinyatakan sah maka akan kita serahkan dokumen kependudukan perubahan bagi keluarga baru tersebut, tapi serah terimanya tidak akan jadi kalau pernikahannya belum sah ya,” terang Novi menambahkan.

Selain itu, selama bulan ramadhan bagi masyarakat Kota Payakumbuh yang ingin mengurus KTP, KK, ataupun Kartu Identitas Anak (KIA). Jam pelayanan disdukcapil mengikuti aturan dibulan puasa yang ditetapkan pemko bagi OPD. Disdukcapil Kota Payakumbuh buka pada pukul 08.00 hingga 15.00. Hari minggu masih tetap buka setengah hari.

“Masyarakat juga diberikan pelayanan yang sama dengan pelayanan dihari biasa, saat bulan radmadhan di hari minggu disdukcapil buka dari pukul 8.30 sampai jam 12.30, Walikota Riza Falepi melalui kepala dinas menginstruksikan agar kami memberikan layanan prima bagi masyarakat, walaupun itu di bulan puasa,” pungkasnya. (FS)

LEAVE A REPLY